Search

Kepemilikan Everton Jadi Polemik di Paradise Papers

Jakarta, CNN Indonesia -- Kepemilikan Everton oleh pengusaha asal Inggris, Farhad Moshiri, menjadi polemik menyusul munculnya dokumen Paradise Papers. Moshiri diklaim menggunakan uang dari pengusaha Rusia yang kini menjadi salah satu pemilik Arsenal, Alisher Usmanov.

Moshiri membeli 49,9 persen saham Everton tahun lalu setelah menjual seluruh sahamnya di Arsenal. Namun, dalam dokumen Paradise Papers yang dirilis International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ), Minggu (5/11), saham Moshiri di Arsenal adalah ‘hadiah’ dari Usmanov.

Moshiri dan Usmanov membeli 14,58 persen saham Arsenal pada 2007 melalui perusahaan offshore bernama Red and White Holdings. Dalam dokumen pembelian yang diungkap Paradise Papers menyebutkan seluruh uang yang digunakan untuk membeli saham berasal dari perusahaan bernama Epion Holdings yang dimiliki oleh Usmanov.

“Dividen dari Gallagher Holding (perusahaan juga milik Usmanov) kepada Alisher Usmanov akan diiberikan kepada Moshiri yang kemudian akan berinvestasi ke perusahaan. Seluruh dana untuk Red and White datang dari Epion Holdings Limited,” tulis salah satu dokumen Paradise Papers dikutip dari BBC.

Pemilik Everton Farhad Moshiri (tengah) menjadi pemilik mayoritas saham klub tahun lalu.Pemilik Everton Farhad Moshiri (tengah) menjadi pemilik mayoritas saham klub tahun lalu. (Reuters/Jason Cairnduff)
Dalam perjalanannya hingga 2013, Usmanov dan Moshiri meningkatkan kepemilikan saham di Arsenal hingga lebih dari 30 persen. Moshiri pun menjual seluruh sahamnya di Arsenal kepada Usmanov tahun lalu untuk membeli saham Everton.

Pembelian saham Everton oleh Moshiri menjadi polemik karena pengusaha berdarah Iran itu dikabarkan membeli saham menggunakan uang Usmanov. Jika itu benar terjadi, maka pelanggaran telah dilakukan Usmanov.

Pemilik Arsenal Alisher Usmanov diklaim sebagai 'pemilik' asli Everton.Pemilik Arsenal Alisher Usmanov diklaim sebagai 'pemilik' asli Everton. (AFP PHOTO / GLYN KIRK)
Regulasi di Liga Primer Inggris menyebut, seorang individu yang sudah memiliki 10 persen atau lebih saham dalam satu klub, tidak boleh memiliki satu persen pun saham di klub lainnya.

Kecurigaan kalau Moshiri membeli saham Everton menggunakan uang Usmanov semakin berkembang setelah tempat latihan The Toffees, Finch Farm, kini disponsori salah satu perusahaan milik Usmanov, USM Holdings.

Moshiri sendiri telah membantah uang yang digunakan untuk membeli Everton merupakan pemberian dari Usmanov.

“Jika itu pinjaman, Anda berutang. Jika itu hadiah, uang itu punya Anda. Ini bukan dua-duanya, karena saya membayar sendiri saham itu,” ucap Moshiri. (har)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Kepemilikan Everton Jadi Polemik di Paradise Papers : http://ift.tt/2y7Cg2S

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kepemilikan Everton Jadi Polemik di Paradise Papers"

Post a Comment

Powered by Blogger.