Search

Gunakan Doping di Piala Dunia 1994, Maradona Diskors 15 Bulan

Jakarta, CNN Indonesia -- Diego Armando Maradona tidak hanya harus pulang lebih cepat dari arena Piala Dunia 1994, salah satu bintang lapangan hijau itu juga mendapat skors selama 15 bulan dari FIFA setelah terbukti mengkonsumsi doping.

Kasus doping yang dialami Maradona menjadi catatan kelam sepak bola dunia. Terlebih, Maradona dikenal sebagai seorang pemain berbakat dan dilabeli sebagai salah satu pesepakbola terbaik di masanya.

Di Piala Dunia 1994, Maradona mencetak satu gol ketika Argentina mengalahkan Yunani dengan skor 4-0. Mantan pemain Barcelona itu juga membuat assist ketika Tim Tango menang 2-1 atas Nigeria.

Maradona pernah menjabat sebagai pelatih timnas Argentina pada Piala Dunia 2010.Maradona pernah menjabat sebagai pelatih timnas Argentina pada Piala Dunia 2010. (Ezra Shaw)
Setelah laga menghadapi Nigeria, Maradona diminta menjalani serangkaian tes doping. Hasilnya Maradona terbukti positif mengkonsumsi efedrin, salah satu obat yang dilarang FIFA.

Efedrin adalah obat yang bisa membantu mengatasi masalah pernapasan sekaligus meningkatkan performa dan kinerja. Selain itu, efedrin juga disebut bisa membantu menurunkan berat badan, masalah yang dialami Maradona kala itu.

Gunakan Doping di Piala Dunia 1994, Maradona Diskors 15 Bulan
Maradona yang terbukti menggunakan doping kemudian diusir dari arena Piala Dunia 1994. Ia harus angkat kaki lebih cepat dari Amerika Serikat dari teman-temannya.

Pada Kamis sore, 30 Juni 1994, Maradona mengungkapkan bahwa ia telah dipermainkan oleh FIFA. Ia mendapatkan hukuman 15 bulan tidak boleh main dan tampil di ajang sepak bola apapun.

Pada Piala Dunia 1994, Argentina hanya bertahan hingga babak perdelapan final setelah kalah 2-3 dari Romania.

Usai menjalani rehabilitasi, Maradona sempat kembali ke dunia sepak bola. Ia sempat membela Boca Juniors dan kemudian beralih menjadi pelatih Argentina dengan segala kontroversi yang melekat. (nva/jun)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Gunakan Doping di Piala Dunia 1994, Maradona Diskors 15 Bulan : https://ift.tt/2L6uNag

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gunakan Doping di Piala Dunia 1994, Maradona Diskors 15 Bulan"

Post a Comment

Powered by Blogger.