Search

Sebanyak 60 dari 90 Top Skor Piala Dunia Disumbangkan Eropa

Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 60 dari 90 pencetak lima gol lebih di setiap edisi Piala Duniadicetak para pesepakbola Eropa.

Untuk urusan pencetak gol minimal lima gol dari seluruh edisi, para pemain dari negara-negara benua biru memang masing mendominasi. Tengok saja dari pencetak gol terbanyak di setiap edisi, dari 29 pencetak gol terbanyak di setiap edisi, 17 di antaranya dicetak pemain-pemain eropa.

Striker timnas Perancis, Just Fontaine, masih tercatat sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu edisi Piala Dunia. Fontaine mengoleksi 13 gol pada Piala Dunia 1958.

Di posisi kedua ada Sandor Kocsic dari timnas Hungaria dengan mengemas 11 gol dalam lima kali penampilan di Piala Dunia 1954.

Jika melihat persebaran gol para pemain dari seluruh benua di semua edisi Piala Dunia, timnas Jerman menyumbangkan paling banyak pemain yang mencetak minimal lima gol.

Mantan striker timnas Brasil, Ronaldo, menjadi pencetak gol terbanyak kedua di Piala Dunia. (Mantan striker timnas Brasil, Ronaldo, menjadi pencetak gol terbanyak kedua di Piala Dunia. (AFP PHOTO / RABIH MOGHRABI)
Tercatat 14 para pemain dari tim Panser yang mampu mencetak lima gol lebih. Adalah Miroslav Klose yang sampai saat ini masih memegang rekor pencetak gol terbanyak di Piala Dunia. Klose mencetak 16 gol dari dalam 24 kali penampilan membela timnas Jerman di tiga edisi Piala Dunia yakni pada 2006, 2010, dan 2014.

Di posisi kedua ada Brasil yang menyumbangkan para top skor di Piala Dunia dengan menyumbang 13 pemain. Ronaldo menjadi pencetak gol terbanyak kedua setelah Klose.

Mantan penyerang Selecao itu mengemas 15 gol dalam 19 kali penampilan di tiga edisi Piala Dunia, yakni 1998, 2002, dan 2006.

Sebanyak 60 dari 90 Top Skor Piala Dunia Disumbangkan Eropa
Negara ketiga terbesar penyumbang pemain yang mencetak minimal lima gol adalah Belanda dengan tujuh pemain. Pencetak gol terbanyak negara itu di Piala Dunia masih dipegang mantan winger tim Oranye, Johny Rep dengan mengoleksi tujuh gol di dua edisi Piala Dunia yang ia lakoni yakni pada 1974 dan 1978. Peringkat selanjutnya adalah Argentina yang menyumbang enam pemain pencetak lima gol lebih di Piala Dunia. Mantan striker Tim Tango, Gabriel Batistuta, yang masih tercatat sebagai pencetak gol terbanyak. Ia membukukan 10 gol dalam tiga edisi Piala Dunia yakni pada 1994, 1998, dan 2002.

Di posisi kelima ada timnas Spanyol yang menyumbang lima pemain. Mantan penyerang La Furia Roja, David Villa, masih tercatat sebagai pencetak gol terbanyak di negaranya dengan torehan sembilan gol dalam tiga kali penampilan Piala Dunia pada 2006, 2010, dan 2014. (bac)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Sebanyak 60 dari 90 Top Skor Piala Dunia Disumbangkan Eropa : https://ift.tt/2qwkZxy

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sebanyak 60 dari 90 Top Skor Piala Dunia Disumbangkan Eropa"

Post a Comment

Powered by Blogger.