Search

9 Nama Lucu Pesepakbola, Dari 'Sandal' Hingga 'Granat'

Jakarta, CNN Indonesia -- Tontonan sepak bola bukan hanya menghibur di dalam lapangan. Segala peristiwa atau hal lain yang terkait dengan olahraga 'si kulit' bundar kerap menghadirkan cerita menarik.

Nama pemain sepak bola pun mampu mengundang kelucuan tersendiri karena bisa melahirkan makna berbeda dalam suatu negara. Seperti contoh nama-nama pesepakbola dari berbagai negara di dunia yang kebetulan memiliki arti kocak dalam Bahasa Indonesia. Salah satunya adalah bintang klub Liga Primer Inggris,Liverpool, Mohamed Salah.

Berikut CNNIndonesia.com menghimpun sembilan nema pesepakbola di dunia yang memiliki arti lucu dalam Bahasa Indonesia:

1. Erik Sandal

Nama kedua pemain asal Norwegia itu terbilang unik karena dalam Bahasa Indonesia berarti alas kaki yang biasa digunakan sehari-hari. Sandal tak lagi memperkuat tim Divisi Dua Norwegia, IL Hodd, sejak 2015 karena mengalami cedera kaki. Pemain 35 tahun itu pun memutuskan pensiun setelah tak lagi memperkuat IL Hodd.

2. Petr Janda

Petr Janda merupakan pemain asal Republik Ceko. Gelandang 31 tahun itu masih tercatat sebagai pemain klub Republik Ceko, Sokol Cizova, dan juga pernah membela timnas Republik Ceko pada 2011. Namanya terbilang unik karena kata 'Janda' dalam Bahasa Indonesia berarti wanita yang ditinggal mati atau cerai dari mantan suaminya.

3. Duda

Ada Janda, ada pula Duda. Begitulah nama populer mantan pemain timnas Portugal tersebut. Pemilik nama lengkap Sergio Paulo Barbosa Valente ini memutuskan pensiun setelah memperkuat klub Malaga musim lalu. Pemain yang berprofesi sebagai winger ini pernah memperkuat timnas Portugal sebanyak 18 kali. Meski kewarganegaraan Portugal, Duda lebih sering berkarier di kompetisi Spanyol.

4. Lenny Nangis

Lenny Nangis pernah bergabung di timnas Perancis U-21 pada 2015. Namun, Nangis memutuskan membela negara kelahirannya, Guadeloupe, di timnas senior pada 2018 karena sengitnya persaingan di timnas Perancis.

Lenny Nangis pernah memperkuat timnas Perancis U-21. (Lenny Nangis pernah memperkuat timnas Perancis U-21. (Screenshot via Instagram/@lenny_nangis)
Nangis kini masih tercatat sebagai winger klub kasta kedua Liga Perancis (Ligue 2), Valenciennes.

[Gambas:Instagram]

5. Mohamed Salah

Nama belakang bintang Liverpool itu kebetulan memiliki arti dalam Bahasa Indonesia.

Mohamed Salah pemain yang kini bersinar bersama Liverpool. (Mohamed Salah pemain yang kini bersinar bersama Liverpool. (REUTERS/Phil Noble)
Namanya pun kian bermunculan di media-media di seluruh dunia belakangan ini. Selain membawa timnas Mesir lolos ke Piala Dunia 2018, Salah juga mampu membawa Liverpool ke semifinal Liga Champions.

6. Vladimir Granat

Vladimir Granat masih menjadi andalan di timnas Rusia untuk sektor bek sayap. Pada laga persahabatan melawan timnas Perancis, 27 Maret, bek Rubin Kazan ini juga dimainkan sepanjang pertandingan.

Vladimir Granat (kanan) masih menjadi bek andalan timnas Rusia. (Vladimir Granat (kanan) masih menjadi bek andalan timnas Rusia. (REUTERS/Grigory Dukor)
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), granat merupakan senjata peledak yang dilemparkan [biasanya sebesar kepalan tangan].

7. Konate Makan

Nama Konate Makan sangat familier di sepak bola Indonesia. Pasalnya, pemain asal Mali itu pernah membawa Persib Bandung juara Indonesia Super League [ISL] 2014.

Konate Makan (tengah) kini menjadi salah satu tumpuan Sriwijaya FC. (Konate Makan (tengah) kini menjadi salah satu tumpuan Sriwijaya FC. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Begitu pula nama kedua gelandang yang kini memperkuat Sriwijaya FC tersebut, sangat familier dalam Bahasa Indonesia yang berarti memasukkan sesuatu ke dalam mulut, kemudian mengunyah dan menelannya (KBBI). Dalam bahasa Arab, makan juga merujuk pada tempat atau wadah.

8. Aissa Mandi

Satu lagi nama pesepakbola yang merujuk pada sebuah aktivitas dalam bahasa Indonesia, yakni Aissa Mandi. Kembali merujuk pada KBBI, mandi berarti membersihkan tubuh dengan air dan sabun [dengan cara menyiramkan, merendamkan diri dalam air, dan sebagainya].

Aissa Mandi (kanan) pemain andalan Real Betis. (Aissa Mandi (kanan) pemain andalan Real Betis. (REUTERS/Albert Gea)
Mandi merupakan salah satu bek andalan klub La Liga Spanyol, Real Betis. Pemain 26 tahun itu juga masih tercatat sebagai bek timnas Aljazair.

9. Kawin Tamsatchanan

Kiper timnas Thailand juga memiliki nama unik yang kebetulan mengandung arti yang sangat familier dalam bahasa Indonesia. Dalam KBBI, Kawin berarti membentuk keluarga dengan lawan jenis; bersuami atau beristri [sinonim menikah].

9 Pesepakbola Pemilik Nama Kocak (Buat Sabtu Pagi)Kawin Tamsatchanan kini memulai kariernya di Eropa bersama klub Belgia, Oud-Heverlee Leuven. (Screenshot via Instagram/@kawiator_26)
Kawin tercatat sebagai kiper utama klub kasta kedua Liga Belgia, Oud-Heverlee Leuven, setelah hengkang dari Muangthong United musim lalu. 

Nah, apa jadinya jika sejumlah pemain di atas memperkuat tim yang sama? Tentu bisa saja mengundang gelak tawa jika komentor sepak bola di Indonesia menyebutkan satu per satu aksi mereka.

8 Pesepakbola Pemilik Nama Kocak
Sebagai contoh komentator mengatakan, "Duda masuk menggantikan Janda karena mengalami cedera usai ditekel Sandal. Menyambut umpan Granat, Duda sukses membobol gawang lawan yang dijaga Kawin." (har)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya 9 Nama Lucu Pesepakbola, Dari 'Sandal' Hingga 'Granat' : https://ift.tt/2ISC4tq

Bagikan Berita Ini

0 Response to "9 Nama Lucu Pesepakbola, Dari 'Sandal' Hingga 'Granat'"

Post a Comment

Powered by Blogger.