Search

Ronaldo 19 Kali Bela Timnas Brasil di Piala Dunia

Jakarta, CNN Indonesia -- Striker legendaris timnas Brasil Ronaldo Luis Nazario de Lima tercatat 19 kali membela negaranya di pentas Piala Dunia.

Ia turut berpartisipasi dalam Piala Dunia Amerika Serikat 1994, Piala Dunia Perancis 1998, Piala Dunia Korea-Jepang 2002, dan Piala Dunia Jerman 2006.

Merujuk data Transfermarkt (25/5), Ronaldo kali pertama terlibat dalam gelaran Piala Dunia pada tahun 1994 atau saat ia masih berusia 18 tahun.

Selama gelaran Piala Dunia edisi ke-15 itu, Ronaldo hanya duduk di bangku cadangan. Namun, Brasil berhasil menyabet gelar juara yang keempat di sana.
Ronaldo 19 Kali Bela Timnas Brasil di Piala DuniaRonaldo tiga kali meraih gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA. (AFP PHOTO/Antonio SCORZA)
Gelar tersebut diraih Brasil setelah menumbangkan Timnas Italia di Stadion Rose Bowl, Pasadena, pada 17 Juli 1994. Tim asuhan Carlos Alberto Parreira itu menang dalam adu penalti dengan skor 3-2 setelah bermain imbang 0-0 di waktu normal.

Empat tahun kemudian, Ronaldo kembali memperkuat timnas Brasil di Piala Dunia 1998. Kali ini, ia menjadi pemain andalan dan sukses menyumbang empat gol serta tiga assist.

Ronaldo 19 Kali Bela Timnas Brasil di Piala Dunia
Ronaldo berhasil mengatar Tim Samba ke final namun harus rela menyerahkan trofi pada timnas Prancis sebagai tuan rumah. Brasil kalah telak dengan skor 0-3 di Stade de France.

Kendati demikian, Ronaldo menyabet penghargaan sebagai pemain terbaik. Sementara sepatu emas atau pencetak gol terbanyak diraih striker timnas Kroasia Davor Suker.

Ronaldo masuk dalam jajaran pemain legenda bersama Diego Maradona.Ronaldo masuk dalam jajaran pemain legenda bersama Diego Maradona. (AFP PHOTO / Ben STANSALL)
Ronaldo baru mencicipi gelar juara Piala Dunia pada 2002. Ia memborong dua gol kemenangan Brasil atas Jerman 2-0 di Stadion Internasional, Yokohama, pada 30 Juni. Prestasi Timnas Brasil menurun pada Piala Dunia 2006. Dalam Piala Dunia yang terakhir bagi Ronaldo itu, Brasil hanya mampu mencapai babak perempat final lantaran kalah 0-1 dari Perancis.

Sepanjang partisipasinya di putaran final Piala Dunia, Ronaldo total menncatat 15 gol dan lima assist dalam 1.624 menit bermain. (jun)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Ronaldo 19 Kali Bela Timnas Brasil di Piala Dunia : https://ift.tt/2J7VspW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ronaldo 19 Kali Bela Timnas Brasil di Piala Dunia"

Post a Comment

Powered by Blogger.