Search

Peringkat Liga Indonesia di AFC Jauh di Bawah Malaysia

Jakarta, CNN Indonesia -- Posisi Liga Indonesia dalam daftar peringkat kompetisi klub AFC kembali turun. Saat ini, Indonesia berada di urutan ke-28 dan tertinggal jauh dari Malaysia yang bertengger di posisi ke-13.

Penurunan peringkat itu juga membuat Indonesia tertinggal jauh dari Malaysia. Tetangga terdekat Indonesia itu kini menempati peringkat 13 AFC dengan raihan 34.906 poin, sementara Indonesia hanya mengumpulkan 13.313 poin.

Thailand menjadi negara Asia Tenggara yang menempati peringkat tertinggi usai menempati urutan kesembilan. Disusul Malaysia (13), Filipina (17), Vietnam (19), Singapura (23), dan Myanmar (25).

Sedangkan di bawah Indonesia, masih ada Kamboja yang berada di urutan ke-32, Laos (33), Timor Leste (42), Brunei Darussalam (44), dan Sri Lanka (45).

Persib Bandung dan Persipura Jayapura jadi tim terakhir yang mewakili Indonesia di Liga Champions Asia.Persib Bandung dan Persipura Jayapura jadi tim terakhir yang mewakili Indonesia di Liga Champions Asia. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
China menjadi negara yang menempati peringkat teratas di ranking AFC sejauh ini. Qatar dan Uni Emirat Arab mengekor di tiga besar negara Asia dengan ranking terbaik AFC.

Tahun lalu, Indonesia masih berada di urutan ke-20. Penurunan peringkat terus berlanjut di Desember 2017 di mana Indonesia berada di peringkat ke-24.

Peringkat Liga Indonesia di AFC Jauh di Bawah Malaysia
Poin-poin tersebut dihitung berdasarkan peringkat FIFA yang digabung dengan perolehan poin dari perwakilan klub yang tampil di kompetisi AFC.

Penurunan peringkat ini berpengaruh pada penampilan wakil klub Indonesia di kompetisi Asia. Tahun ini, Indonesia hanya menempatkan dua wakilnya, Bali United dan Persija Jakarta.

Liga Super Malaysia berada di peringkat ke-13 di AFC.Liga Super Malaysia berada di peringkat ke-13 di AFC. (Dok. Persija)
Bali United mewakili Indonesia di kualifikasi Liga Champions Asia sedangkan Persija langsung masuk ke babak grup Piala AFC. Bali United gagal lolos ke Liga Champions dan harus puas turun ke kasta kedua kompetisi Asia, Piala AFC.

Kedua wakil Indonesia masih berjuang di fase penyisihan grup. Jika lolos, masing-masing bakal meraih poin tambahan yang berguna untuk membantu memperbaiki peringkat Indonesia di AFC demi meraih kuota wakil di kompetisi Asia tahun depan.

Kali terakhir Indonesia mengirimkan wakilnya di Liga Champions Asia ada pada edisi 2015. Kala itu, Indonesia diwakili juara Liga Super Indonesia (ISL) 2014 Persib Bandung dan tim runner up Persipura Jayapura.

Namun, keduanya gugur di fase grup. Dua tahun berikutnya, Indonesia terpaksa absen di Liga Champions Asia karena PSSI mendapatkan sanksi dari FIFA yang melarang klub maupun Timnas Indonesia tampil di event resmi yang diselenggarakan AFC maupun FIFA. (jun/ptr)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Peringkat Liga Indonesia di AFC Jauh di Bawah Malaysia : https://ift.tt/2uNqfCF

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Peringkat Liga Indonesia di AFC Jauh di Bawah Malaysia"

Post a Comment

Powered by Blogger.