Search

Kualifikasi Piala Dunia 1962 Diikuti 49 Tim, Indonesia Mundur

Jakarta, CNN Indonesia -- Piala Dunia 1962 digelar menggunakan format 16 tim dengan 32 pertandingan setelah FIFA melakukan kualifikasi sebanyak 49 tim dari 56 negara yang terdaftar.

Lima negara yang semula terdaftar memutuskan untuk menarik diri. Mereka adalah Sudan, Kanada, Republik Arab Bersatu (Mesir dan Suriah), Indonesia, dan Romania.

Timnas Indonesia menarik diri dari kualifikasi Piala Dunia 1962. Padahal, Indonesia hanya akan bersaing dengan Korea Selatan dan Jepang untuk memperebutkan satu tiket ke putaran Piala Dunia.

Korea Selatan berhak melaju ke babak play off usai mengalahkan Jepang. Namun, Korsel akhirnya gagal melaju ke putaran Piala Dunia Chile setelah digilas Yugoslavia dengan agregat 2-8.

Piala Jules Rimet.Gambar trofi Piala Dunia pengganti trofi Jules Rimet. (AFP PHOTO/JEWEL SAMAD)
Sejumlah alasan politis pada saat itu membuat Indonesia Indonesia urung mengikuti kualifikasi Piala Dunia di zona Asia.

Padahal, Indonesia pada saat itu penah dijuluki 'Macan Asia'. Tim Merah Putih pernah meraih peringkat tiga Asian Games 1958 dan sempat menahan imbang timnas Uni Soviet tanpa gol di Olimpiade Melbourne pada tahun 1956.

Kualifikasi Piala Dunia 1962 Diikuti 49 Tim, Indonesia Mundur
Tidak ragu Indonesia lebih memilih mempersiapkan pelaksanaan Asian Games 1962 yang bertempat di Jakarta, ketimbang berpikir mengikuti kualifikasi Piala Dunia.

Selanjutnya pada sesi kualifikasi Piala Dunia 1962 tercatat ada delapan tim yang baru pertama kali menjajal babak kualifikasi diantaranya, Dutch Guyana, Ekuador, Ethiopia, Ghana, Honduras, Maroko, Nigeria, dan Tunisia. Menariknya Ethiopia telah mendaftar untuk ikut kualifikasi sejak tahun 1958 tetapi FIFA menolak keikutsertaannya.

Di antara enam benua yang mengirimkan perwakilannya, Oseania absen mengirimkan perwakilan. Selanjutnya Eropa menjadi benua dengan perwakilan terbanyak di Piala Dunia 1962.

Terhitung 30 negara masuk kualifikasi, saat itu Jerman masih terpecah menjadi Jerman Barat dan Jerman Timur. Namun hanya Jerman Barat yang berhasil melaju ke putaran final Piala Dunia 1962. </span>

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Kualifikasi Piala Dunia 1962 Diikuti 49 Tim, Indonesia Mundur : https://ift.tt/2HwRp2z

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kualifikasi Piala Dunia 1962 Diikuti 49 Tim, Indonesia Mundur"

Post a Comment

Powered by Blogger.