Search

Barcelona Sukses Berkat Pertahanan Solid

Jakarta, CNN Indonesia -- Pertahanan yang solid menjadi kunci penampilan Barcelona musim ini. Blaugrana hanya kemasukan tujuh gol, atau paling sedikit di antara lima kompetisi teratas di Eropa.

Sejauh ini, Barcelona mampu bertahan di puncak klasemen La Liga selama 15 pekan. Di Liga Champions, Barcelona pun hanya kebobolan satu gol. Satu-satunya gol itu datang dari Olympiakos.

Tidak saja pertahanan kuat, Barcelona juga menampilkan permainan yang bersih. Yang tidak harus menggunakan pelanggaran dan agresivitas demi menunjukkan pertahanan kuat.

Selain aspek kebobolan, Lionel Messi kadan kawan-kawan juga paling sedikit melakukan pelanggaran, mendapatkan kartu kuning, serta kartu merah di La Liga.

Sepanjang 17 laga La Liga, Barca hanya melakukan 175 pelanggaran dengan mendapat 31 kartu kuning. Berbeda dengan Atletico Madrid yang berada di posisi kedua klasemen La Liga dengan 234 pelanggaran, 41 krtu kuning, dan 1 kartu merah.

Thomas Vermaelen dianggap mampu menjadi pelapis yang sepadan untuk Samuel Umtiti.Thomas Vermaelen dianggap mampu menjadi pelapis yang sepadan untuk Samuel Umtiti. (REUTERS/Paul Hanna)
Melihat kondisi itu, Marca pun tidak ragu menyebut tim asuhan Ernesto Valverde ini sangat terorganisasi di lini belakang. Namun, kedua pemain fullback mereka tetap mampu memberikan tekanan ke pertahanan lawan.

Dua gelandang, Sergio Busquets dan Ivan Rakitic juga hampir selalu bermain bersama sebagai dua poros di depan pertahanan yang selalu saling menutupi.

Dalam pertahanan, bek tengah Barca cukup efektif menutup posisi fullback saat mereka maju ke depan, khususnya Samuel Umtiti yang tampil menonjol pada musim ini.

Atletico Madrid menjadi klub kedua di La Liga dengan kebobolan paling sedikit, delapan gol.Atletico Madrid menjadi klub kedua di La Liga dengan kebobolan paling sedikit, delapan gol. (REUTERS/Juan Medina)
Namun, dengan Umtiti yang tengah cedera, Barcelona tidak kehilangan kekuatan untuk tembok pertahanan mereka. Thomas Vermaelen tampak meyakinkan sebagai pengganti untuk berduet bersama Gerard Pique.

Di luar nama-nama lini belakang, kiper Marc Andre Ter Stegen merupakan faktor mendasar lain untuk catatan pertahanan Barcelona yang mengagumkan.

Ter Stegen melakukan penyelamatan-penyelamatan penting dan membuat 15 clean sheet dalam 22 pertandingan musim ini. (bac)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Barcelona Sukses Berkat Pertahanan Solid : http://ift.tt/2EwHQQ4

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Barcelona Sukses Berkat Pertahanan Solid"

Post a Comment

Powered by Blogger.