Search

Pilkada Pengaruhi Jadwal Liga 1 Musim Depan

Jakarta, CNN Indonesia -- Operator Liga 1, PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI akan menggiatkan komunikasi agar musim depan Timnas Indonesia dapat menjalankan agenda internasional di tengah tahun pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Ketua Komite Kompetisi PSSI Yunus Nusi mengakui penyelenggaraan Liga 1 musim 2018 akan lebih sulit karena bertepatan dengan Pilkada di berbagai provinsi. Pihaknya akan berusaha menyesuaikan jadwal agar tidak merugikan klub dan timnas.

“Bagi kami, musim depan, lebih rumit karena ada Pilkada, tetapi mau tidak mau kita akan cocokkan jadwal kompetisi dengan agenda timnas. Banyak hal-hal yang tidak terduga,” kata Yunus dalam sebuah diskusi yang digelar PSSI Pers di Jakarta, Senin (30/10).

Jadwal dan program timnas menjadi hal penting dalam penyusunan daftar tanding di Liga 1. Ketidaksesuaian jadwal akan merugikan Timnas Indonesia yang bisa batal menggelar laga uji tanding internasional dan kehilangan peluang meraup poin untuk mendongkrak peringkat FIFA.

Yunus Nusi (kiri) dan Tigor Shalomboboy memberikan penjelasan mengenai sistem penjadwalan Liga 1.Yunus Nusi (kiri) dan Tigor Shalomboboy memberikan penjelasan mengenai sistem penjadwalan Liga 1 dalam sebuah acara diskusi. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Chief Operating Officer (COO) LIB, Tigor Shalomboboy berharap pelatih Timnas Indonesia Luis Milla bisa bekerja sama dengan pihaknya agar dapat membantu penyusunan jadwal kompetisi yang tidak bersinggungan dengan agenda timnas.

“Memang menjadi catatan bagi kami di Liga terkait penjadwalan. Sebenarnya kami sudah punya draft yang akan kami berikan ke PSSI. Tetapi kami harus bertemu dulu dengan pelatih timnas, karena terkait sejumlah program timnas tahun depan,” jelas Tigor.

Bentrok jadwal antara kompetisi lokal dan FIFA matchday bisa merugikan Timnas Indonesia.Bentrok jadwal antara kompetisi lokal dan FIFA matchday bisa merugikan Timnas Indonesia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
“Ini penting sebab pelatih harus memaparkan program pelatih timnas seperi apa? Pemusatan latihan kapan? Bagaimana programnya agar bisa menyesuaikan dengan kompetisi. Bisa enggak kami selesai (kompetisi) di November,” ungkapnya.

Utang pertandingan musim 2017

Tigor mengaku penjadwalan Liga 1 musim ini belum rapi. PT LIB masih menyisakan dua pertandingan tunda yang belum terselenggara, yaitu PBFC kontra Persib Bandung serta laga Bhayangkara FC melawan Madura United hingga dua pekan sebelum musim berakhir.

Persib Bandung akan menjalani tiga laga sisa pada bulan November.Persib Bandung akan menjalani tiga laga sisa pada bulan November lantaran penundaan jadwal tanding kontra Borneo FC. (ANTARA FOTO/Agus Bebeng)
“Terkait dengan pertandingan yang jadi utang, PBFC dengan Persib kami putuskan main 8 November. Kami akan geser pertandingan PBFC berikutnya ke tanggal 11 atau 12 (November). Madura dengan Bhayangkara akan kami gelar di tanggal yang sama. Semoga tidak ada hal rusuh dengan keputusan ini,” ucap Tigor.

Sementara itu, untuk tim-tim yang masih punya peluang juara, lanjut Tigor, operator akan mainkan di tanggal dan hari serta jam yang sama.

“Semua tim tidak ada alasan untuk menolak hal tersebut,” pintanya.

(nva)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Pilkada Pengaruhi Jadwal Liga 1 Musim Depan : http://ift.tt/2ltOj8H

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pilkada Pengaruhi Jadwal Liga 1 Musim Depan"

Post a Comment

Powered by Blogger.