Search

Timnas Inggris Izin Gunakan Logo Poppy Lawan Jerman

Jakarta, CNN Indonesia -- Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) telah mengajukan permohanan izin kepada FIFA untuk menggunakan logo bunga poppy pada laga persahabatan melawan Timnas Jerman, bulan depan.

Skotlandia dan Wales juga telah mengajukan permohonan yang sama dalam laga internasional ke depan. Begitu pula dengan Irlandia Utara yang berencana mengenakan hiasan poppy pada laga play off Piala Dunia 2018 saat menghadapi Swiss.

Keempat negara Britania tersebut tetap ngotot menggunakan lambang tersebut meski pernah didenda pada tahun 2016.

Bunga poppy merupakan simbol peringatan penghentian Perang Dunia I antara sekutu dengan Jerman pada 11 November 1918. Peringatan itu pun dikenal sebagai Armistice Day oleh sekutu termasuk Inggris dengan Jerman.

FIFA sebelumnya telah melarang timnas Inggris maupun Skotlandia untuk mengenakan logo tersebut di laga internasional karena dianggap sebagai simbol politis.

Hiasan bunga poppy biasanya akan ditempel di ban lengah pemain untuk memperingati Perang Dunia I.Hiasan bunga poppy biasanya akan ditempel di ban lengah pemain untuk memperingati Perang Dunia I. (REUTERS/Lee Smith)
Tak hanya tim, FIFA juga melarang suporter menggunakan simbol bernuansa politik maupun agama. Sanksi berupa denda biasanya akan diterbitkan jika melanggar regulasi pertandingan FIFA.

Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) menyetujui rencana penggunaan poppy dengan catatan kedua tim dan penyelenggara sepakat. Ini karena FIFA dituding telah melakukan hukuman berat hanya karena penggunaan hiasan poppy.

Federasi sepak bola Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia juga telah membuat pernyataan bersama pada Senin (30/10) untuk tetap menggunakan simbol poppy. Mereka juga memuji keputusan IFAB yang mendukung penggunaan poppy.

“Ini adalah niat keempat negara untuk meminta izin dari tim lawan dan FIFA (sebagai otoritas yang bertanggung jawab atas pertandingan tersebut) untuk menampilkan poppy di ban lengan pemain,” bunyi pernyataan tersebut. (jun)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Timnas Inggris Izin Gunakan Logo Poppy Lawan Jerman : http://ift.tt/2A0dZNB

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Timnas Inggris Izin Gunakan Logo Poppy Lawan Jerman"

Post a Comment

Powered by Blogger.