Search

Persib dan Arema Lolos Verifikasi Komite Lisensi Tanpa Syarat

Jakarta, CNN Indonesia -- Komite Lisensi PSSI meloloskan lima klub peserta Liga 1 2017 di verifikasi lisensi AFC. Persib Bandung dan Arema FC lolos dengan sempurna, sementara tiga di antaranya lolos dengan catatan.

Persib Bandung dan Arema FC lolos sempurna karena memenuhi seluruh persyaratan lisensi yang diminta AFC. Sementara tiga klub lainnya, Persija Jakarta, Bali United dan Madura United harus melengkapi beberapa persayaratan.

Komite lisensi PSSI memberikan kesempatan kepada ketiga klub tersebut untuk melengkapi persyaratan yang dinilai masih kurang. AFC memberikan batas waktu hingga 22 November mendatang.
Meski lolos verifikasi dasri Komite Lisensi PSSI, Persib Bandung sulit untuk tampil di AFC karena terpuruk di papan bawah klasemen Liga 1.Meski lolos verifikasi dasri Komite Lisensi PSSI, Persib Bandung sulit untuk tampil di AFC karena terpuruk di papan bawah klasemen Liga 1. (ANTARA FOTO/Agus Bebeng)
"Yang tiga klub itu sudah 90 persen pasti lisensinya diberikan. Yang belum lengkap itu ada di Kategori B," kata Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono ketika dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (26/10).

Ketiga klub tersebut harus melengkapi persyaratan yang diminta hingga 31 Oktober. Tenggat waktu ini termasuk di dalamnya proses keberatan, banding, dan sidang banding dari klub-klub yang lolos bersyarat.

Terdapat lima syarat wajib untuk mendapatkan lisensi AFC. Kelima aspek tersebut meliputi legalitas, finansial, infrastruktur, sumber daya manusia, dan administrasi, serta sporting (pembinaan usia dini).

Arema FC menjadi salah satu klub Indonesia yang masuk kriteria klub profesional versi AFC.Arema FC menjadi salah satu klub Indonesia yang masuk kriteria klub profesional versi AFC. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Tahun depan, Indonesia memiliki satu jatah klub tampil di babak play-off Liga Champions Asia dan dua di Piala AFC 2018. Penentuan jatah klub berdasarkan peringkat klasemen akhir seluruh peserta kompetisi di masing-masing negara. Hanya klub yang memiliki lisensi AFC yang bisa tampil. Jika klub teratas tidak memnuhi syarat, maka delapan klub di bawahnya punya peluang menjadi wakilnya. Dengan catatan, harus mengantongi lisensi klub standar AFC.

Jadi, jika klub juara liga tidak memiliki lisensi AFC, maka jatah play off Liga Champions akan diberikan kepada klub yang berada di bawahnya. Demikian juga untuk penetapan jatah tiket Piala AFC. (jun)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Persib dan Arema Lolos Verifikasi Komite Lisensi Tanpa Syarat : http://ift.tt/2iAMMwD

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Persib dan Arema Lolos Verifikasi Komite Lisensi Tanpa Syarat"

Post a Comment

Powered by Blogger.