Search

Penyebab Liverpool vs Manchester United Selalu Panas

Jakarta, CNN Indonesia -- Jika di Spanyol ada El Clasico, Skotlandia punya Old Firm, Jerman ada Der Klassiker, dan Argentina memiliki Superclasico, maka di Liga Inggris ada satu pertandingan terpanas yang disebut North West Derby.

Nama North West Derby memang tidak setenar El Clasico antara Real Madrid melawan Barcelona di Spanyol atau Der Klassiker antara Bayern Munich melawan Borussia Dortmund di Jerman. Namun, pertemuan Liverpool melawan Manchester United menjanjikan sebuah pertandingan panas dan menarik.

Untuk mengetahui kenapa pertandingan Liverpool melawan MU selalu panas, bagaimana rivalitas kedua klub itu terbentuk, kita harus mundur cukup jauh ke tahun 1894. Rivalitas bermula bukan dari atas lapangan hijau, melainkan dari pelabuhan yang baru dibangun bernama Manchester Ship Canal.

Para pedagang di Manchester muak dengan pelabuhan Liverpool yang mematok harga mahal untuk biaya ekspor dan impor. Manchester Ship Canal ketika itu menjadi pelabuhan perdagangan terbesar di dunia dan membuat pelabuhan Liverpool sepi.

Berdirinya Manchester Ship Canal menjadi awal rivalitas antara Liverpool vs Manchester.Berdirinya Manchester Ship Canal menjadi awal rivalitas antara Liverpool vs Manchester. (AFP PHOTO/ANDREW YATES)
Dari pelabuhan, rivalitas dua kota Liverpool dan Manchester terbentuk di sepak bola hingga kini. Baik suporter Liverpool dan Manchester United sama-sama mengklaim punya tim hingga manajer terhebat sepanjang sejarah Liga Inggris.

Liverpool dan MU hingga kini memang tercatat sebagai dua klub tersukses di Inggris. Jika digabungkan, kedua klub sudah mengoleksi lebih dari 120 gelar sepanjang sejarah.

Rivalitas Liverpool vs Manchester kemudian terbentuk di atas lapangan sepak bola.Rivalitas Liverpool vs Manchester kemudian terbentuk di atas lapangan sepak bola. (AFP PHOTO/PAUL ELLIS)
Meski belum pernah merebut gelar Liga Primer Inggris, tapi Liverpool lebih dulu merebut gelar Liga Inggris dibanding MU. Hal itu terjadi pada 1901 ketika The Reds mengalahkan Sunderland di klasemen akhir.

MU baru merebut gelar Liga Inggris pada 1908. Klub yang bermarkas di Old Trafford itu kemudian menyalip rekor gelar Liga Inggris milik Liverpool pada 2011 dan kemudian menggenapkan gelar liga menjadi 20 pada 2013.

Di kompetisi Eropa, MU lebih dulu merebut gelar Piala Champions (kini Liga Champions) pada 1968. Tapi, kemudian Liverpool (lima gelar) kini justru memiliki gelar Liga Champions lebih banyak dibanding MU (tiga gelar).

Patung Bill Shankly di luar Stadion Anfield.Patung Bill Shankly di luar Stadion Anfield. (AFP PHOTO/PAUL ELLIS)
Rivalitas kedua klub bukan hanya terjadi di sekitar gelar. Pasalnya, masing-masing suporter juga mengklaim punya manajer terhebat sepanjang sejarah sepak bola Inggris.

Suporter Liverpool menganggap Bill Shankly sebagai manajer terhebat, sedangkan pendukung Manchester United menganggap Sir Alex Ferguson sebagai yang terhebat. Menariknya, kedua manajer itu berasal dari Skotlandia.

Kini, 123 tahun setelah Manchester Ship Canal berdiri, rivalitas Liverpool melawan Manchester United tetap panas. Stadion Anfield pun akan menjadi saksi bisu pertemuan ke-199 dua klub rival abadi pada Sabtu (14/10) malam. (har)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Penyebab Liverpool vs Manchester United Selalu Panas : http://ift.tt/2kIbewG

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penyebab Liverpool vs Manchester United Selalu Panas"

Post a Comment

Powered by Blogger.