Search

Sebanyak Enam Wasit Asing Sudah di Indonesia

PSSI bersiap menggunakan jasa para wasit asing untuk putaran kedua Liga 1. Seperti dilansir dari situs resmi induk sepak bola Indonesia itu, sebanyak enam wasit dari luar negeri tersebut sudah berada di Jakarta sejak Rabu (2/8).

Ini merupakan gelombang pertama penggunaan wasit asing di Liga 1. Untuk tahap awal tersebut, sebanyak enam wasit itu didatangkan dari Australia dan Kygyzstan.

Kedatangan para wasit luar negeri ini sebagai upaya PSSI untuk perbaikan mutu perwasitan Indonesia yang dinilai masih belum sesuai standar.


Rencana mendatangkan wasit itu juga hasil dari rekomendasi dari mantan direktur wasit FIFA, George Cummings.

Wasit yang didatangkan tentu harus memiliki lisensi FIFA dari negara yang merupakan anggota AFC.

"PSSI berinisiatif untuk mendatangkan wasit asing. Australia dan Kyrgyzstan menjadi dua negara awal yang dipilih oleh PSSI untuk mengirimkan wasitnya agar bisa bekerja memimpin pertandingan di kompetisi Indonesia yang sedang berjalan saat ini."

"Yang jelas, mereka memiliki lisensi wasit dari FIFA,” ucap Ratu Tisha Destria, Sekretaris Jenderal PSSI, dikutip dari situs resmi PSSI.


Wasit-wasit asing yang akan bertugas ini khusus untuk pengadil tengah lapangan. Sementara dua asisten wasit tetap akan menggunakan perangkat pertandingan lokal.

PSSI juga membagi beberapa periode pengasan wasit asing di kompetisi kasta tertinggi Indonesia tersebut.

"Di periode pertama, mereka datang tanggal 2 Agustus 2017 dan bertugas hingga tanggal 15 Agustus 2017."

"Untuk selanjutnya di periode kedua diperkirakan tanggal 16-28 Agustus 2017, berikutnya di periode ketiga tanggal 29-11 September 2017. Setiap periodenya kami menggunakan wasit dari negara yang berbeda," ucap Tisha.

Selain untuk jangka pendek menjaga mutu kompetisi, para wasit asing ini juga secara jangka panjang diharapkan bisa menjadi transfer ilmu terkait perwasitan nasional.

"Tidak berhenti sampai disitu, PSSI juga menekankan bahwa program penggunaan wasit asing akan mengarah kepada program pertukaran pada akhirnya," terang Tisha.


Adapun teknis penugasan wasit asing tersebut pada Liga 1, PSSI menyerahkan hal tersebut kepada operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru.

Daftar Wasit Asing Tahap Pertama:
Australia: Evans Shaun Robert, Brown Wilson Kenneth, Lakrindis George

Kyrgyzstan: Rysbek Sherkerbekov, Artem Skopintsev, Eldiiar Salybaev
(bac)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Sebanyak Enam Wasit Asing Sudah di Indonesia : http://ift.tt/2uliyOm

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sebanyak Enam Wasit Asing Sudah di Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.