Search

Remaja 17 Tahun Irlandia Utara, Pemain Termuda di Piala Dunia

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemain timnas Irlandia Utara Norman Whiteside menjadi pemegang rekor pemain termuda yang melakoni debut di putaran final Piala Dunia 1982 Spanyol.

Whiteside dipilih Billy Bingham masuk skuat Irlandia Utara untuk Piala Dunia 1982. Sebelum terpilih, ia hanya bermain dua pertandingan kompetitif di level klub.

Irlandia Utara masuk di Grup 5 Piala Dunia 1982 bersama dengan tuan rumah Spanyol, Yugoslavia, dan Honduras.

Kala itu, Whiteside yang usianya masih 17 tahun, satu bulan, 10 hari tampil perdana membela Irlandia Utara pada pertandingan melawan Yugoslavia di babak penyisihan grup yang sekaligus jadi penampilan pertamanya di laga internasional.
Remaja 17 Tahun asal Irlandia, Pemain Termuda di Piala DuniaRekor Pele dilewati oleh Norman Whiteside. (Reuters/Carl Recine)
Pada laga yang digelar di Stadion La Romareda, Zaragoza, 17 Juni 1982 itu Irlandia Utara berhasil menahan Imbang Yugoslavia 0-0 di depan 25 ribu penonton. Whiteside juga menjadi satu-satunya pemain yang mendapatkan kartu kuning dari wasit Erik Frediksson asal Swedia pada pertandingan itu.

Irlandia Utara menempati posisi puncak Grup 5 lewat empat poin dari tiga pertandingan. Setelah menahan imbang Yugoslavia, Irlandia Utara kembali bermain seri lawan Honduras 1-1 dan menang 1-0 atas tuan rumah Spanyol di laga terakhir.

Di putaran kedua yang merupakan fase gugur, Irlandia Utara bergabung dengan Prancis dan Autstria Grup D. Sayang, Irlandia Utara gagal setelah imbang 2-2 atas Austria dan kalah 1-4 dari Prancis.

Remaja 17 Tahun asal Irlandia, Pemain Termuda di Piala Dunia
Penampilan Whiteside di Piala Dunia 1982 cukup mencuri perhatian publik. Tak sekadar tampil sebagai pemain termuda, ia juga berhasil memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang Pele, legenda sepak bola dunia asal Brasil.

Pele pernah memegang rekor pemain termuda di Piala Dunia saat tampil mewakili Brasil pada Piala Dunia 1958 di Swedia. Kala itu, Pele berusia 17 tahun 239 hari saat membawa Brasil menang 3-0 atas Austria di Rimnersvallen, Uddevalla, 8 Juni 1958.

Sejak rekor pemain termuda yang dipegang Pele diambil alih Whiteside, sampai saat ini belum ada pemain lain yang berhasil memecahkan rekor tersebut.

Irlandia tercatat sudah tiga kali tampil di Piala Dunia sejak 1958 dengan raihan terbaiknya mencapai babak perempat final di tahun yang sama. (jun/sry)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Remaja 17 Tahun Irlandia Utara, Pemain Termuda di Piala Dunia : https://ift.tt/2ITgg0V

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Remaja 17 Tahun Irlandia Utara, Pemain Termuda di Piala Dunia"

Post a Comment

Powered by Blogger.