Search

Sochi, Kota Olimpiade Musim Dingin Ramaikan Piala Dunia 2018

Jakarta, CNN Indonesia -- Kota kecil di Rusia bagian selatan bernama Sochi, menjadi salah satu tempat dari 11 kota yang dipercaya menyelenggarakan pertandingan Piala Dunia 2018 Rusia. Stadion Olimpiade Fisht akan menjadi laga pembuka antara timnas Portugal melawan Spanyol di Grup B. Pertandingan ini pun bakal menjadi laga perdana penyerang bintang tim semenanjung Iberia, Cristiano Ronaldo, di Piala Dunia 2018.

Sochi yang berjarak 37 jam melalui jalur darat dari Moskow tersebut pernah menyelenggarakan Olimpiade Musim Dingin 2014 dan Olimpiade Paralimpik, serta menjadi tuan rumah bagi ajang Formula 1 sejak tahun 2010.

Kota kecil yang berpenduduk 350 ribu jiwa ini sebenarnya tidak mempunyai sarana olahraga yang cukup besar. Namun, Presiden Rusia Vladimir Putin percaya akan potensi Sochi untuk menggelar ajang olahraga berkelas internasional tersebut.

Keputusan Putin memilih Sochi menjadi salah satu tempat olimpiade dan tempat digelarnya ajang internasional lainya cukup mengejutkan. Pasalnya, wilayah Sochi sendiri dikepung oleh wilayah rawan konflik seperti Georgia, Dagestan, dan, Cechnya.
Timnas Spanyol akan menghadapi Timnas Spanyol akan menghadapi Timnas Portugal di Stadion Olimpiade Fisht yang berlokasi di kota Sochi, Rusia, pada Piala Dunia 2018. (REUTERS/Heino Kalis)
Tentu Putin tidak main-main, pemerintahannya berusaha keras pula membenahi sektor keamanan. Rusia ingin agar setiap penyelenggaran ajang internasional di negaranya aman.

Isu-isu yang muncul ketika akan digelarnya Piala Dunia 2018 diantaranya ancaman kerusuhan suporter dan terorisme yang mengkhawatirkan banyak pihak.

"Sejauh ini keamanan untuk Piala Dunia sangat diperhatikan, FIFA memberikan kepercayaan kepada otoritas pihak keamanan Rusia dan panitia pelaksana lokal," demikian pernyataan FIFA dalam keterangan resmi.

Sochi mempunyai suasana yang menyenangkan jika di musim panas. Destinasi wisata pantainya yang indah menjadi opsi liburan yang sempurna, sementara Pegunungan Kaukasus lebih lekat dengan nuansa musim dingin.

Lewat gelaran Olimpiade Sochi, Formula 1, serta Piala Dunia tahun ini, Rusia ingin menunjukan kekuatannya secara ekonomi yang tidak bisa dianggap remeh.

Sochi akan menggelar sebanyak enam pertandingan Piala Dunia 2018 di Rusia. Di antarnya ada empat pertandingan penyisahan grup, dua lainnya pertandingan 16 besar dan perempat final.

Fisht Olympic Stadium, Sochi yang akan menjadi arena bertanding beberapa negara pada Juni dan Juli nanti. Stadion ini terhitung sudah delapan tahun berdiri, mulai 2010 kemudian diresmikan tahun 2013.

Stadion yang terletak di Olympic Sochi Park ini menghabiskan dana hingga US$779 juta (sekitar Rp11 triliun), dan dimana stadion ini menjadi tempat upacara pembukaan dan penutupan ajang Olimpiade Sochi sebelumnya.

Semenjak Olimpiade Sochi, cabang olahraga yang kerap diadakan di Olympic Sochi Park meliputi hoki es, seluncur cepat, seluncur indah, dan curling.

Berkapasitas 48 ribu, pertandingan pertama yang akan digelar di stadion ini adalah big match antara timnas Portugal melawan Spanyol dari Grup B, sekaligus menjadi laga pembuka pada tanggal 15 Juni.

Selanjutnya pertandingan yang akan bertempat di stadion ini adalah Australia melawan Peru dari Grup C (26 Juni), Jerman melawan Swedia dari Grup F (23 Juni), dan Belgia melawan Panama dari Grup G (18 Juni). Sisanya akan dilaksakan di Sochi pada 30 Juni dan 7 Juli adalah babak 16 besar dan perempat final.

Pertandingan Piala Dunia di Stadion Olimpiade Fisht
15 Juni: Timnas Portugal vs Timnas Spanyol (Grup B)
18 Juni: Timnas Belgia vs Timnas Panama (Grup G)
23 Juni: Timnas Jerman vs Timnas Swedia (Grup F)
26 Juni: Timnas Australia vs Timnas Peru (Grup C)
30 Juni: Babak 16 Besar (Juara Grup A vs Runner-up Grup B)
7 Juli: Perempat final (syr/nva)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Sochi, Kota Olimpiade Musim Dingin Ramaikan Piala Dunia 2018 : http://ift.tt/2ptVooJ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sochi, Kota Olimpiade Musim Dingin Ramaikan Piala Dunia 2018"

Post a Comment

Powered by Blogger.