Search

PT LIB Soal Kasus Persib: Semua Keputusan Ada di Komdis PSSI

Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Tigor Shalomboboy menegaskan semua keputusan terkait pelanggaran yang terjadi di pertandingan Persija Jakarta vs Persib Bandung di Stadion Manahan, Solo, Jumat (3/11) ada di tangan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI.

Tigor melalui sambungan telepon kepada CNNIndonesia.com mengatakan pihaknya sudah mendapatkan laporan terkait penyelenggaraan pertandingan. Termasuk laporan dari wasit dan sudah menindaklanjutinya ke Komite Wasit.

Persib melalui Manajer Umuh Muchctar menolak untuk melanjutkan pertandingan di menit ke-83 karena merasa mendapatkan perlakukan tidak adil dari wasit asal Australia, Shaun Evans.

Kinerja wasit jadi sorotan publik setelah gol Ezechiel NDouassel dimenit 27 dianulir serta kartu merah yang diberikan buat Vladimir Vujovic.

LIB berharap kejadian ini bisa diketahui federasi sepak bola Australia. Sementara pelanggaran yang dinyatakan Evans ditindaklanjuti Komisi Disiplin (PSSI).

Persib Bandung mundur dari laga lawan Persija pada menit ke-83. (Persib Bandung mundur dari laga lawan Persija pada menit ke-83. (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)
“Soal (Persib) mundur dari pertandingan, kartu merah Vujovic, pelemparan botol dari suporter Persija masuk di Komdis. Kami sudah kirim rekomendasi ke Komdis,” kata Tigor.

Tigor meminta agar tidak membahas kualitas wasit dalam hal ini. Pasalnya, wasit memiliki hak penuh selama 2x45 menit dengan kewenangan khususnya dalam pengambilan keputusan.

Jelas Tigor, Jika wasit dianggap salah dalam pengambilan keputusan, hal itu juga terjadi saat Jerman bertemu Inggris di Piala Dunia 2010.

Artinya, kata Tigor, evaluasi akan tetap dilaksanakan setelahnya, termasuk sanksi yang diberikan jika terbukti ada kesalahan yang disengaja karena faktor tertentu.

“Kasus seperti itu sering terjadi di liga-liga di dunia. Mereka bisa melihatnya melalui VAR (Teknologi tayangan ulang). Di kami belum ada rencananya tahun depan baru mau diadakan.”

“Kalau evaluasi akan diajukan ke komite wasit, cara penilaiannya pun ada. Mau wasit asing atau sebagus apapun wasitnya pasti dievaluasi,” ungkap Tigor.

Persija Jakarta sempat unggul 1-0 berkat penalti Bruno Lopes sebelum Persib undur diri dari laga pada menit ke-83. (Persija Jakarta sempat unggul 1-0 berkat penalti Bruno Lopes sebelum Persib undur diri dari laga pada menit ke-83. (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)
Meskipun selama ini menanggap regulasi peraturan pertandingan sudah terbuka, ke depan, LIB bekerja sama dengan PSSI akan lebih memberikan pemahaman soal regulasi pertandingan.

“Regulasi, sanksi semua dilihat berdasarkan masalahnya. Ada yang diatur di kode disiplin dan ada juga yang langsung menggunakan pandangan dari Komite Disiplin,” tandasnya.


Sebelumnya, Komdis PSSI mengatakan keputusan terkait kemungkinan pengunduran Persib dari Liga 1 sesuai Pasal 13 Regulasi Liga 1, diserahkan kepada operator, dalam hal ini PT LIB.

Sesuai Pasal 13 ayat 1C, Persib bisa dianggap mundur dari Liga 1 karena mundur sebelum pertandingan usai. Sedangkian Komdis baru hanya bisa memberikan sanksi tambahan. (bac)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya PT LIB Soal Kasus Persib: Semua Keputusan Ada di Komdis PSSI : http://ift.tt/2y8e28u

Bagikan Berita Ini

0 Response to "PT LIB Soal Kasus Persib: Semua Keputusan Ada di Komdis PSSI"

Post a Comment

Powered by Blogger.