Search

Mengenal Kelebihan Sasis Baru Motor Rossi dan Vinales

Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah GP Barcelona dua pekan lalu, Yamaha mencoba sasis baru untuk para pebalapnya di MotoGP. Hasil tes yang dilakukan di sirkuit Katalonia itu dikabarkan memuaskan para Valentino Rossi dan Maverick Vinales, dan sasis baru itu dipakai dalam MotoGP Belanda di Assen pekan ini.

Analis Performa Pebalap dari tim Movistar Yamaha yang berkonsentrasi untuk Vinales, Wilco Zeelenberg mengungkapkan lebih lanjut tentang bagian-bagian baru tersebut.

Kegagalan di Katalonia dua pekan lalu, kata Zeelenberg, tak lepas dari pengaruh sasis serta setelannya pada roda ban.

"Tingkat cengkeraman dan ruang dari roda sangat sempit dan itulah yang terlihat, bagi sepeda motor kami pada saat itu. Jika sedikit terlalu rendah pada level cengkeraman, kami akhirnya jatuh begitu saja dan kehilangan segala aspek kompetitif," kata Zeelenberg di hospitality Yamaha di Assen seperti dikutip dari Crash.

Mengenal Kelebihan Sasis Baru Motor Rossi dan VinalesMaverick Vinales dan Valentino Rossi. (AFP PHOTO / PIERRE-PHILIPPE MARCOU)
"Bagaimanapun akhirnya kami perlu untuk menyelesaikan [masalah] itu karena pada akhirnya kami menghadapi fakta: Kamilah satu-satunya yang tak mampu kompetitif. Yamaha akhirnya membangun sasis baru, dan kedua pebalap kami telah mengujicobanya."

Sasis baru ini, kata Zeelenberg, merupakan kombinasi positif dari M1 2016 dan M1 2017.

"Kami mencoba mengombinasi hal-hal positif dari kedua motor, yang mana itu tak mudah karena keuntungan dari sasi tahun ini adalah kami mendapatkan lebih banyak cengkeraman di akhir balap. Itu adalah titik di mana kami kesulitan tahun lalu. Dari luar kedua sasis ini terlihat sama, namun kekakuannya berbeda," ujar Zeelenberg.

Secara terpisah, Rossi mengatakan sasis yang baru tersebut membuat dirinya lebih mudah untuk masuk ke tikungan cepat.

"Anda bisa lebih presisi [mengukur jarak pacu dan pengereman] dan juga lebih menyenangkan untuk dikendarai," kata pebalap berusia 38 tersebut.

Impresi pertama yang memukau mata Rossi atas sasis baru itu membuat dirinya memiliki perasaan bagus menatap MotoGP Belanda. Namun, sambung Rossi, kala itu ia dan Vinales mencoba motor bersasis baru di trek Katalonia. Dan, mendatang keduanya akan membalap di trek yang berbeda di Assen, Belanda.

"Yamaha bekerja keras untuk sasis [baru] ini guna mengembangkan masa pemakaian ban belakang," kata Rossi.

Baca: Hasil Latihan Bebas 1 MotoGP Belanda 2017, Rossi Terbaik Kelima

Pada sasis yang sebelumnya Rossi mengeluh agak sulit dikendalikan terutama saat memasuki tikungan. Itu, kata dia, membuat ban terdegradasi lebih cepat.

Adapun Vinales mengatakan dirinya merasa lebih baik bersama sasis baru tersebut. Pemuncak kalsemen pebalap itu mengatakan sasis baru itu bisa ia kendalikan dengan cepat dan konsisten.

"Saya cukup baik pada titik pengereman dan terutama untuk menjaga kecepatan di tikungan, yang mana di Assen itu benar-benar penting," ujar Vinales. (kid)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Mengenal Kelebihan Sasis Baru Motor Rossi dan Vinales : http://ift.tt/2rZkwrw

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengenal Kelebihan Sasis Baru Motor Rossi dan Vinales"

Post a Comment

Powered by Blogger.