Search

Just Fontaine Cetak Rekor 13 Gol di Piala Dunia 1958

Jakarta, CNN Indonesia -- Legenda timnas Prancis, Just Fontaine tercatat sebagai pemain yang memegang rekor gol terbanyak dalam satu edisi Piala Dunia ketika  mencetak 13 gol sepanjang gelaran Piala Dunia 1958 di Swedia.

Pada Piala Dunia 1958, Prancis tergabung di Grup 2 bersama Yugoslavia, Paraguay dan Skotlandia. Pada laga perdana menghadapi Paraguay, Prancis menang besar 7-3 dan Fontaine mencetak hattrick.

Fontaine mencetak dua gol pada laga lawan Yugoslavia yang berakhir dengan kekalahan 2-3. Pada laga terakhir di fase Grup 2 melawan Skotlandia, Prancis menang 2-1 lewat gol yang dicetak Raymond Kopa di menit ke-22 dan Fontaine di menit ke-44.

Hasil itu membawa Prancis menempati puncak klasemen Grup 2 untuk berhadapan dengan Irlandia Utara di babak perempat final. Fontaine berhasil menyumbangkan dua gol untuk kemenangan 4-0 atas Irlandia Utara sekaligus memastikan tiket ke semifinal Piala Dunia.
Gerd Muller hanya mampu mencetak sepuluh gol dalam satu Piala Dunia pada 1970.Gerd Mueller hanya mampu mencetak sepuluh gol dalam satu Piala Dunia pada 1970. (AFP PHOTO / STAFF)

Sayang, perjalanan Les Blues terhenti di babak empat besar usai kalah 2-5 dari Brasil. Dalam laga tersebut, Fontaine mencetak satu gol.

Gagal lolos ke babak final, Fontaine seolah menggunakan laga perebutan posisi ketiga untuk menumpahkan amarah. Fontaine mencetak empat gol ke gawang Jerman Barat sekaligus membawa Prancis menang dengan skor 6-3.

Fontaine mendominasi daftar pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 1958. Pesaingnya saat itu, Pele dan Helmut Rahn, hanya mencetak enam gol.

Torehan 13 gol itu membuat Fontaine resmi memegang rekor pencetak gol terbanyak dalam satu edisi Piala Dunia. Fontaine mengalahkan rekor gol Sandor Kocsis dari Hungaria yang mencetak 11 gol empat tahun sebelumnya.

Just Fontaine Cetak Rekor 13 Gol di Piala Dunia 1958
Sejak Fontaine memegang rekor pencetak gol terbanyak dalam satu edisi Piala Dunia, tak ada satu striker pun yang mampu menyamai atau melebihi torehan gol tersebut.

Eusebio hanya menorehkan sembilan gol di 1966 dan Gerd Mueller hanya sanggup mencetak 10 gol di 1970. Dua striker itu jadi pemain dengan jumlah gol paling mendekati rekor Fontaine.

Di level klub, Fontaine membela Casablanca di Liga Maroko sebelum hijrah ke Prancis untuk membela Nice. Tiga musim di Nice, Fontaine pindah ke Stade Reims. Fontaine mencetak total 259 gol dalam 283 laga yang ia mainkan di klub.

Di timnas Prancis, statistik Fontaine cukup impresif. Ia mencetak 30 gol dalam 21 laga bersama Les Blues. Sayangnya Fontaine hanya punya satu kali kesempatan untuk bermain di Piala Dunia sehingga ia tidak mampu mencetak lebih banyak gol.

Fontaine mengalami cedera parah dan harus pensiun pada 1962. Saat itu Fontaine masih berusia yang masih belia, 28 tahun. (ptr/har)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Just Fontaine Cetak Rekor 13 Gol di Piala Dunia 1958 : https://ift.tt/2sykpjU

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Just Fontaine Cetak Rekor 13 Gol di Piala Dunia 1958"

Post a Comment

Powered by Blogger.