Search

Insiden Hilton Moreira Beda dengan Choirul Huda

Jakarta, CNN Indonesia -- Penyerang Persipura Jayapura Hilton Moreira beruntung bisa segera pulih usai mengalami insiden swallow tounge atau posisi lidah masuk ke dalam mulut saat menghadapi PSM Makassar, Senin (4/6).

Dokter Persipura Agus Hetaubun menjelaskan insiden cedera yang dialami Hilton di pengujung babak pertama memang sempat mengkhawatirkan.

Namun, apa yang dialami Hilton tak sama seperti yang dialami Choirul Huda, kiper Persela Lamongan yang meregang nyawa usai berbenturan dengan rekan setimnya dalam situasi kemelut di kotak penalti.

Hilton sempat tak sadarkan diri seusai berbenturan dengan kiper PSM Rivky Mokodompit. Situasi ini sempat membuat pemain dan ofisial cemas.
Musim lalu Hilton Moreira memperkuat Sriwijaya FC.Musim lalu Hilton Moreira memperkuat Sriwijaya FC. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Agus menjelaskan, posisi jatuh yang tak wajar membuat lidah Hilton justru masuk ke dalam mulut. Namun, sirkulasi pernapasan Hilton tidak tersumbat dan bisa disadarkan.

"Saat saya masuk ke lapangan, posisi lidah Hilton masih ke dalam mulut, bukan digigit. Dia masih sadar tapi posisi lidahnya agak masuk jadi saya tarik lalu saya bangunkan dia," kata Agus kepada CNNIndonesia.com, Kamis (7/6).

Insiden Hilton Moreira Beda dengan Choirul Huda
Pada prinsipnya, lanjut Agus, Hilton masih dalam keadaan sadar pada saat kejadian itu. Ia bersama tim medis dan pemain lain pun berusaha untuk membuat pemain asal Brasil 37 tahun itu tetap tersadar di lapangan.

Kasus yang dialami Moreira disebut Agus berbeda dengan insiden yang menewaskan Choirul Huda beberapa waktu lalu. Sirkulasi pernapasan Hilton disebut Agus aman karena tidak adanya benturan di bagian dada.

Choirul Huda meninggal seketika usai berbenturan dengan rekan setimnya di lapangan.Choirul Huda meninggal seketika usai berbenturan dengan rekan setimnya di lapangan. (ANTARA FOTO/Rahbani Syahputra)
"Tapi sekarang sudah tidak apa-apa. Sudah ikut ke Bali, sudah dua hari juga ikut latihan usai kejadian. Sekarang dia lagi minum kopi di bandara," sebut Agus yang masih di Surabaya dalam perjalanan menuju Bali bersama tim Persipura. Peristiwa yang menimpa Choirul Huda disebut Agus jadi pelajaran berharga. Tidak hanya untuk dirinya sebagai dokter tim, tapi juga buat pemain yang bisa melakukan tindakan penolongan pertama di lapangan.

"Saya sudah periksa lebih lanjut dan tidak ada-apa-apa. Intinya, dalam penanganan itu jangan panik karena ada banyak orang di sana. Kami bersykur setelah kejadian Choirul Huda ada evaluasi. Kita juga saling bagi ilmu dengan pemain," terangnya. (sry)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Insiden Hilton Moreira Beda dengan Choirul Huda : https://ift.tt/2Jhm9ct

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Insiden Hilton Moreira Beda dengan Choirul Huda"

Post a Comment

Powered by Blogger.