Search

Wasit Elite Dikontrak Rp965 Juta Selama Piala Dunia 2018

Jakarta, CNN Indonesia -- FIFA mengumumkan para wasit elite yang akan memimpin pertandingan di Piala Dunia 2018 akan mendapat dikontrak dengan nilai US$70 ribu atau setara Rp965 juta.

Dikutip dari Total Sportek, angka tersebut merupakan niloai kontrak para wasit elite selama Piala Dunia di Rusia dan belum termasuk bayaran per pertandingan. Setiap wasit nantinya akan mendapat bayaran US$3.000 (Rp41 juta) per pertandingan yang mereka pimpin.

Nilai kontrak tersebut mengalami kenaikan dibandingkan Piala Dunia edisi 2010 dan 2014. Pada dua edisi tersebut, masing-masing wasit elite diikat kontrak US$50 ribu (Rp690 juta).
Para wasit elite FIFA mendapatkan bayaran tinggi selama bertugas di Piala Dunia 2018. (Para wasit elite FIFA mendapatkan bayaran tinggi selama bertugas di Piala Dunia 2018. (AFP PHOTO / FRANCK FIFE)
Total ada 16 wasit yang masuk dalam elite panel dengan nilai kontrak dan bayaran per pertandingan seperti tercantum di atas. Nama-nama seperti Cuneyt Cakir, Felix Brych, Sergey Karasev, dan Bjorn Kuipers. Total ada 38 wasit yang akan memimpin laga di Piala Dunia 2018. Para wasit di luar kategori elite tentu memiliki kontrak tidak setinggi para wasit elite FIFA. Bayaran mereka pun beragam.

Bayaran untuk masing-masing asisten wasit pun jauh berbeda dari yang diterima wasit elite pada Piala Dunia 2018 mendatang. Para asisten wasit seperti lines man, dan asisten wasit garis gawang hanya mendapat bayaran US$2.000 (Rp27 juta) per pertandingan.

Untuk nilai kontrak, para asisten wasit di Piala Dunia 2018 mandapat bayaran USS25 ribu (Rp344 juta). FIFA selaku penyelenggara utama sengaja menaikkan nilai kontrak demi meningkatkan mutu para wasit.

Wasit-wasit ini juga dipilih oleh panel pemilihan wasit yang dilakukan FIFA berdasarkan reputasi dan rekam jejak mereka di laga-laga level elite di Eropa dan dunia.

Beberapa wasit yang masuk level elite pun adalah mereka yang biasa memimpin pertandingan di Liga Champions maupun Piala Eropa 2016. (jun)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Wasit Elite Dikontrak Rp965 Juta Selama Piala Dunia 2018 : https://ift.tt/2HniCVZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Wasit Elite Dikontrak Rp965 Juta Selama Piala Dunia 2018"

Post a Comment

Powered by Blogger.