Search

3 Alternatif Markas Persija Selain GBK dan Patriot

Jakarta, CNN Indonesia -- Persija Jakarta sudah mulai mematangkan persiapan jelang kompetisi musim depan. Pihak klub juga mulai merencanakan pemilihan stadion yang bakal jadi kandang Tim Macan Kemayoran nantinya.

Persija sebenarnya sudah mendapatkan izin untuk menjadikan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sebagai markas. Tapi itu pun tidak bisa digunakan satu musim penuh karena harus berbagi dengan gelaran Asian Games 2018.

Begitu juga dengan Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi yang selama ini menjadi markas sementara tim besutan Stefano ‘Teco’ Cugurra itu. Stadion milik Pemprov Bekasi itu juga menjadi salah satu venue Asian Games 18 Agustus - 2 September 2018 yang akan lebih dulu direnovasi awal tahun depan.

Ditanya alternatif stadion, Direktur Utama Persija Gede Widiade mengatakan akan lebih dulu berkoordinasi dengan The Jakmania, suporter Persija dan juga pihak kepolisian.

“Saya tidak bisa mutuskan [alternatif stadion] sendiri. Persija milik kita bersama,” kata Gede, Senin (4/12).

“Tapi kemungkinan bisa di Bogor (Stadion Pakansari), Wibawa Mukti (Cikarang) atau bisa di Solo (Stadion Manahan),” sebutnya.

Stadion Manahan Solo jadi salah satu alternatif markas Persija. (Stadion Manahan Solo jadi salah satu alternatif markas Persija. (CNN Indonesia/Arby Rahmat)
Ketiganya menjadi alternatif paling memungkinkan untuk menjadi markas sementara Persija musim depan. Terlebih, Persija bakal menjadi salah satu wakil Indonesia di ajang Piala AFC 2018. “Saya pribadi kalau bisa di Jakarta kenapa harus di Solo. Kenapa saya hari ini datang ke Dirut GBK? Karena dalam rangka menggoalkan GBK untuk Persija bisa main di Piala AFC dan liga lokal. Yang diajukan ke AFC, GBK, dan Patriot. Alternatifnya tiga (stadion) tadi,” jelas Gede

“Kemarin kami main di Solo (Stadion Manahan) aman karena kami koordinasi bagus dengan pihak kepolisian. Selama Jakmania enak, teratur dan mengerti, pihak kepolisian akan enak,” timpalnya.

Dapat Restu Pakai GBK

Sebelumnya, Gede menegaskan pihak pengelola Komplek SUGBK telah memberikan restu Macan Kemayoran menggunakan fasilitas milik negara itu. Namun, penggunaan stadion tidak bisa satu musim penuh.

“Jadi pada prinispnya, GBK menyambut baik. Tinggal tunggu GBK serah terima dari Menteri PUPR [Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat] karena ini kan yang sifatnya teknis,” kata Gede.

Stadion Wibawa Mukti masuk dalam alternatif markas Persija. (Stadion Wibawa Mukti masuk dalam alternatif markas Persija. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
GBK nantinya punya dua kepentingan di dalamnya. Pertama, kepentingan negara sebagai venue Asian Games 2018 dan kedua sebagai sarana sosial masyarakat yang bisa disewakan.

Kedatangan Gede ke Kantor PPK GBK yakni untuk mengkonfirmasi persiapan Persija yang berniat kembali menggunakan SUGBK sebagai kandang Macan Kemayoran musim depan. Selain itu, Persija juga bakal tampil mewakili Indonesia di Piala AFC 2018 dan beberapa pertandingan persahabatan.

Pengelolaan GBK bersifat BLU (Badan Layanan Umum). Untuk membiayai perawatan, pengelola membutuhkan pemasukan yang berasal dari penyewa yang bersifat olahraga dan non olahraga.

"[Dirut GBK] Pak Winarto bilang, Pak Gede kalau bisa jadwalnya tetap. Saya bilang, untuk jadi kandang di liga kami tetap pakai jadwal dari liga [PT LIB] dan kami juga akan serahkan jadwal pertandingan persahabatan kami," ungkapnya.

Gede Widiade akan meminta pendapat dari Jakmania terkait stadion alternatif Macan Kemayoran. (Gede Widiade akan meminta pendapat dari Jakmania terkait stadion alternatif Macan Kemayoran. (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama)
Gede menambahkan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan INASGOC terkait penjadwalan. Nantinya, Persija akan main di GBK dijadwal yang tidak bentrok dengan kepentingan negara, Asian Games 2018. Kompetisi Liga 1 2018 sendiri direncanakan dimulai pada 24 Februari. Sedangkan Asian Games 2018 akan digelar 18 Agustus - 2 September 2018. (bac)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya 3 Alternatif Markas Persija Selain GBK dan Patriot : http://ift.tt/2iOmuHE

Bagikan Berita Ini

0 Response to "3 Alternatif Markas Persija Selain GBK dan Patriot"

Post a Comment

Powered by Blogger.