Search

Tentang Egy Maulana, Subagja Suihan, dan Timnas Indonesia

Titi Fajriyah , CNN Indonesia | Jumat, 03/11/2017 20:49 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Nama Subagja Suihan sebelumnya tidak pernah terdengar di dunia sepak bola nasional. Tapi sudah dua pesepakbola ternama yang hadir di sepak bola Indonesia berkat kejelian pria yang akrab disapa Bagja itu.

Teranyar, Bagja bertanggung jawab atas ketenaran winger Timnas Indonesia U-19, Egy Maulana Vikri. Bagja merupakan ayah angkat Egy Maulana dan bertanggung jawab atas perjalanan karier pemain 17 tahun itu hingga kini.

Bagja mengaku hobi bermain bola sejak kecil. Namun, keterbatasan membuatnya tidak melanjutkan bakatnya ke tingkat profesional. Bagja mengatakan dulu tidak seperti sekarang, di mana banyak pihak mau memfasilitasi pemain muda untuk bisa meniti kariernya di dunia sepak bola.

Kini, Bagja merupakan karyawan di salah satu perusahan BUMN yang bergerak di bidang jasa konstruksi. Pekerjaan itu menuntunnya mendatangi daerah-daerah di Indonesia, termasuk Medan, Sumatera Utara, tempat di mana dia menemukan bakat Egy Maulana.
Subagja Suihan menceritakan kisah pertamanya bertemu dengan Egy Maulana.Subagja Suihan menceritakan kisah pertamanya bertemu dengan Egy Maulana. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
"Di Medan waktu itu saya ada proyek bikin Bandara Kualanamu. Kebetulan mes saya dekat dengan lapangan tempat Egy latihan di SSB Tasbih. Saya lihat di situ ada yang potensi," kata Bagja.

Bagja langsung menghubungi mantan kapten Timnas Indonesia, Firman Utina, setelah melihat Egy Maulana bermain. Firman merupakan salah satu pesepakbola nasional yang bakatnya ditemukan Bagja.

Kepada Firman, Bagja mengatakan telah melihat bocah 11 tahun yang punya potensi di sepak bola. Intuisinya langsung bekerja dan tertuju pada sosok Egy Maulana, bocah kampung yang punya bakat alami di sepak bola.
Subagja Suihan sempat kesulitan menyakinkan orang tua Egy Maulana.Subagja Suihan sempat kesulitan menyakinkan orang tua Egy Maulana. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Bagja kemudian memberanikan diri mendatangi pelatih SSB Tasbih, Mayang. Dia mengungkapkan ketertarikan pada Egy Maulana dan meminta izin untuk bisa membina winger 17 tahun itu di jalur sepak bola.

"Atas petunjuk Pak Mayang, keinginan saya itu disampaikan ke orang tua Egy. Orang tua Egy saat itu sudah tidak percaya lagi kalau ada orang yang menawarkan anaknya main bola,” ucap Bagja.

“Gara-garanya, ada pencari bakat yang bilang mau bawa Egy ke Jakarta, tapi ujung-ujungnya minta uang. Pemain kita ini kan rata-rata ada keterbatasan masalah ekonomi, jadi orang tua Egy tidak percaya siapapun yang minta Egy saat itu," sambungnya. (har)


1 dari 2

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Tentang Egy Maulana, Subagja Suihan, dan Timnas Indonesia : http://ift.tt/2za8fk5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tentang Egy Maulana, Subagja Suihan, dan Timnas Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.