Search

Wajah Buruk Rupa Lionel Messi di Piala Dunia 2018

Jakarta, CNN Indonesia -- Lionel Messi terus dalam tekanan di Piala Dunia 2018. Setelah gagal mencetak gol di laga lawan Islandia, beban yang ada di pundak sang megabintang akan terasa lebih besar jelang laga lawan Kroasia.

Messi adalah bintang paling bersinar di jagat sepak bola saat ini. Di antara ratusan atau bahkan ribuan pemain, mungkin hanya Cristiano Ronaldo yang tak pucat berdiri di hadapan Messi.

Namun semua sinar kemilau Messi seolah berubah 180 derajat dalam laga Piala Dunia 2018. Messi tidak bisa benar-benar tampil lepas dan menari bersama bola seperti halnya ketika ia berkostum Barcelona.

Buruknya penampilan Messi bisa dilihat dari statistik yang ada. Dikutip dari Opta, Messi gagal mencetak gol dari 21 tembakan tepat sasaran terakhirnya di ajang Piala Dunia. Gol terakhir Messi adalah gol ke gawang Nigeria di Piala Dunia 2014.

Secara keseluruhan Messi sendiri baru mencetak lima gol di Piala Dunia. Jumlah itu jelas tak menggambarkan kegarangan Messi yang terbiasa mengoleksi lebih dari 40 gol setiap musimnya.

Lionel Messi gagal mengeksekusi penalti pada laga lawan Islandia.Lionel Messi gagal mengeksekusi penalti pada laga lawan Islandia. (Foto: REUTERS/Christian Hartmann)
Sebelum Piala Dunia 2018 dimulai Messi sudah berada dalam tekanan berat karena ia belum pernah membawa Argentina jadi juara, baik untuk Piala Dunia maupun level Copa America.

Salah satu cara Messi untuk mengangkat beban di Piala Dunia 2018 adalah dengan memiliki start yang bagus. Namun cara ini gagal dilakukan oleh Messi di laga lawan Islandia. Messi tak bisa lepas dari jeratan bek-bek Islandia.

Satu hal lain yang fatal adalah Messi tidak bisa bertindak sebagai algojo penalti yang mungkin menghadirkan kemenangan Argentina. Tendangan kaki kiri Messi dengan mulus dibaca oleh Hannes Halldorsson.

Kegagalan membawa Argentina menang, plus di dalamnya ada kegagalan mengeksekusi penalti melawan Islandia, membuat beban di pundak Messi menjadi lebih berat dibandingkan sebelumnya. Laga yang menanti Messi dan Argentina di pertandingan jelas laga yang berat, yaitu lawan Kroasia.

Setelah gagal mengeksekusi penalti, beban Lionel Messi akan makin berat.Setelah gagal mengeksekusi penalti, beban Lionel Messi akan makin berat. (REUTERS/Albert Gea)
Rekan Setim Harus Bantu Messi

Wajah buruk Messi di Piala Dunia jelas bukan tanggung jawab Messi semata. Terlalu banyak beban yang ditanggung Messi membuat ia kesulitan memberikan jawaban atas semua pertanyaan yang diarahkan padanya.

Di Albiceleste, ada banyak bintang dunia lain seperti Sergio Aguero, Gonzalo Higuain, hingga Paulo Dybala. Seharusnya beban itu bisa didistribusikan sehingga tak terlalu banyak beban yang ada di pundak Messi.

Dalam laga lawan Islandia, terlalu banyak bola yang didistribusikan kepada Messi. Model serangan seperti itu membuat tim lawan tentunya akan lebih mudah membaca permainan Argentina.

Pemain-pemain timnas Argentina lain harus membantu Lionel Messi.Pemain-pemain timnas Argentina lain harus membantu Lionel Messi. (Foto: REUTERS/Christian Hartmann)
Dengan menempatkan 2-3 pemain di sekeliling Messi, maka tim lawan bakal mampu mematikan pergerakan Messi.

Distribusi bola di lapangan harus lebih beragam. Dengan begitu, Messi bisa membuat momen mengejutkan saat peluang terbuka untuk dirinya.


Pemain-pemain Argentina lainnya juga harus percaya diri bahwa mereka bisa membuat perbedaan di lapangan dan tak melulu harus bergantung pada Messi.

Satu Peran Messi

Pelatih Argentina Jorge Sampaoli harus bisa menentukan peran Messi di pertandingan nanti dengan baik dan benar. Dengan kehadiran Ivan Rakitic, Luka Modric, Mateo Kovacic, dan Ivan Perisic, lini tengah Kroasia termasuk lini tengah papan atas di Piala Dunia 2018.

Timnas Argentina boleh punya barisan striker mentereng, namun bila lini tengah dikuasai Kroasia, maka striker-striker Argentina hanya akan gigit jari sepanjang laga.

Timnas Kroasia punya lini tengah yang menakutkan dengan kehadiran sejumlah pemain bintang.Timnas Kroasia punya lini tengah yang menakutkan dengan kehadiran sejumlah pemain bintang. (Foto: REUTERS/Fabrizio Bensch)
Sampaoli harus menentukan peran Messi di laga nanti. Argentina bisa membuat Messi fokus sebagai ujung tombak dan memainkan formasi 4-4-2 sehingga Argentina bisa bersaing dengan lini tengah Kroasia sambil berharap Messi menunaikan tugasnya untuk mencetak gol.

Opsi lain, berharap Messi turun lebih ke belakang dan ikut bertarung di lini tengah untuk mengkreasi serangan. Namun bila Messi diminta memainkan peran ini, jangan terlalu berharap Messi bisa mencetak gol.

Wajah Buruk Rupa Lionel Messi di Piala Dunia 2018
Dalam opsi ini, pemain-pemain Argentina terutama para striker harus piawai membuka ruang sehingga Messi tidak terlalu bermain sendirian di daerah pertahanan lawan.

Laga lawan Kroasia adalah kesempatan bagi Messi untuk menunjukkan kilau permainan sebenarnya. Bila Messi dan Argentina kembali gagal, maka Messi benar-benar berwajah buruk di Piala Dunia kali ini. (har)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Wajah Buruk Rupa Lionel Messi di Piala Dunia 2018 : https://ift.tt/2K2iYBU

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Wajah Buruk Rupa Lionel Messi di Piala Dunia 2018"

Post a Comment

Powered by Blogger.