Search

Serbia Bagai Tanpa Striker Lawan Kosta Rika

Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Serbia meraih kemenangan pertamanya di Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Kosta Rika 1-0 di Stadion Samara Arena dalam pertandingan pertama Grup E.

Gol semata wayang Serbia dicetak bek senior Aleksandar Kolarov pada menit ke-56. Pemain AS Roma tersebut mencetak gol dengan tendangan bebas spektakuler yang merupakan keahliannya.

Sepakan keras kaki kiri Kolarov ke sudut kiri gawang Kosta Rika tidak bisa dijangkau kiper Keylor Navas. Gol Kolarov itu merupakan gol tendangan bebas langsung pertama oleh pemain Serbia sejak Sinisa Mihajlovic melakukannya ke gawang Iran di Piala Dunia 2018.

Sebelum gol Kolarov, gol Mihajlovic merupakan gol terakhir Serbia di pertandingan pertama di turnamen Piala Dunia. Karena itu timnas Serbia dan suporter mereka patut berterima kasih kepada aksi hebat Kolarov tersebut.

Pasalnya, tanpa gol dari Kolarov Serbia hanya akan meraih satu poin karena bermain imbang. Maklum Serbia seperti bermain tanpa seorang penyerang melawan Kosta Rika.

Aleksandar Kolarov menjadi bintang Serbia berkat gol tendangan bebasnya.Aleksandar Kolarov menjadi bintang Serbia berkat gol tendangan bebas di menit ke-56. (REUTERS/Dylan Martinez)
Dalam laga tersebut The Eagles, julukan Serbia, sebenarnya menurunkan Aleksandar Mitrovic sebagai penyerang tunggal. Tetapi permainan Mitrovic pemain yang tugasnya mencetak gol ke gawang Kosta Rika nyaris tidak terlihat.

Satu-satunya peran Mitrovic yang bisa diapresiasi adalah karena dilanggar Francisco Calvo pada menit ke-56. Karena pelanggaran itu Kolarov bisa mencetak gol dan memberikan kemenangan untuk Serbia.

Sebagai penyerang Mitrovic memiliki beberapa peluang untuk membuat tim asuhan Mladen Krstajic unggul. Hanya saja, penyerang 23 tahun itu tidak bisa memanfaatkannya.

Serbia Bagai Tanpa Striker Lawan Kosta RikaSergej Milinkovic-Savic beberapa kali menciptakan peluang gol untuk Serbia. (REUTERS/Dylan Martinez)
Kesan pertama Mitrovic dalam pertandingan melawan Kosta Rika saja sudah buruk. Saat mendapat operan dari Branislav Ivanovic pada menit pertama, Mitrovic gagal mengontrol bola itu dengan baik. Bola liar tersebut akhirnya bisa dibuang jauh oleh bek Kosta Rika, peluang Serbia mencetak gol cepat pun sirna.

Yang paling jelas terjadi saat awal-awal babak kedua, ketika Mitrovic sudah berhadapan satu lawan satu dengan Navas. Usai mendapatkan operan dari Sergej Milinkovic-Savic, niat hati ingin menempatkan bola ke sudut kiri gawang Kosta Rika, placing striker Newcastle United itu justru bisa ditepis Navas.

Penempatan posisi Mitrovic juga terkadang tidak tepat. Hal itu tampak di menit ke-76. Setelah memberikan bola kepada Dusan Tadic, Mitrovic seperti ragu untuk bergerak ke depan atau mundur guna membuka ruang agar kembali mendapat operan dari Tadic.

Gawang Kosta Rika selamat dari kebobolan banyak gol berkat aksi Keylor Navas.Gawang Kosta Rika selamat dari kebobolan banyak gol berkat aksi Keylor Navas. (REUTERS/David Gray)
Padahal, jika bisa membuka ruang dan mendapat bola dari Tadic, peluang Mitrovic untuk menembak dan mencetak gol cukup terbuka.

Peluang lain yang dibuang Mitrovic ada pada menit ke-87. Mantan striker Anderlecht itu berdiri bebas di kotak penalti Kosta Rika setelah mendapat umpan terobosan dari Milinkovic-Savic.

Alih-alih mengeksekusi bola tersebut Mitrovic justru terjatuh. Dalam tayangan ulang Mitrovic seperti tidak percaya diri saat akan dijaga pemain Kosta Rika. Pemain kelahiran Smederevo itu memajukan badannya demi bisa menjaga bola agar tidak direbut lawan.

Serbia Bagai Tanpa Striker Lawan Kosta Rika
Sayangnya Cristian Gamboa yang lebih dahulu melakukan tekel membuat Mitrovic terjatuh. Wasit Malang Diedhiou tidak menganggap itu sebagai pelanggaran. Peluang Serbia menambah keunggulan kembali hilang di tangan Mitrovic.

Dengan memiliki sederet rekan-rekan berkualitas di sektor gelandang seperti Adam Ljajic, Milinkovic-Savic, dan Tadic, Mitrovic hanya perlu lebih percaya diri di laga berikutnya. Untuk sementara usia Mitrovic yang baru 23 tahun mungkin bisa dimaklumi sebagai penyebab gagalnya sejumlah peluang Serbia jadi gol.

Pelatih Mladen Krstajic juga perlu mencari cara jika Mitrovic kembali tidak berfungsi saat Serbia melawan Swiss di pertandingan kedua mereka. Karena, jika kembali kehilangan peluang, Serbia bukan tidak mungkin akan kehilangan poin. Peluang lolos ke babak gugur menemani Brasil pun bisa sirna. (nva)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Serbia Bagai Tanpa Striker Lawan Kosta Rika : https://ift.tt/2MwcMno

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Serbia Bagai Tanpa Striker Lawan Kosta Rika"

Post a Comment

Powered by Blogger.