Search

PSSI Tegaskan Tak Akan Gunakan Wasit Asing

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Senin, 04/06/2018 02:56 WIB

Bogor, CNN Indonesia -- Sekretaris jenderal PSSI Ratu Tisha Destria mengatakan tidak akan menggunakan wasit asing pada kompetisi Liga 1 2018.

Hal itu diputuskan setelah PSSI sepakat bekerja sama dengan FIFA selama tiga tahun untuk pengembangan korps baju hitam, termasuk dengan mendatangkan wasit asal Jepang, Toshiyuki Nagi untuk membantu pengembangan wasit di Indonesia.

"Buat apa kita capai-capai apply ke FIFA untuk mengaplikasikan US$ 1 juta untuk FIFA Forward tiga tahun ke depan area pengembangan wasit. Untuk apa kita capai melobi JFA [Asosiasi Sepak Bola Jepang] dan akhirnya kita berhasil membuat Toshiyuki Nagi itu ke sini," kata Tisha jelang laga Timnas Indonesia U-23 kontra Thailand di Stadion Pakansari, Cibinong, Minggu (3/6).

"Terus kita yang ada di Indonesia masih ada yang mempertanyakan apakah akan pakai wasit asing atau tidak? Enggak mungkin itu. Dia (Toshiyuki Nagi) sangat sakit hati kalau kita begitu," ungkapnya.
PSSI menegaskan tidak akan menggunakan wasit asing di Liga 1 2018.PSSI menegaskan tidak akan menggunakan wasit asing di Liga 1 2018. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Nagi adalah wasit asal Jepang yang kini menjabat sebagai direktur teknik wasit PSSI. Sosok 46 tahun itu merupakan asisten wasit pada laga pembuka Piala Dunia 2014.
PSSI Tegaskan Tak Akan Gunakan Wasit Asing
Menurut Tisha, Indonesia memiliki banyak potensi dan orang-orang yang masih bersemangat untuk menjadi wasit. Meskipun, di sisi lain disebut Tisha banyak cemooh kepada wasit-wasit Indonesia. "Waktu itu banyak juga analisa dari protes-protes yang ternyata 70 persennya salah. Malah setelah dilihat lagi banyak hal salah yang tidak diprotes dan yang paling penting, di Indonesia itu patuh," terang Tisha.

"Di saat banyak cemoohan kepada wasit, mereka tidak gentar ketika mengikuti pelatihan, karena motivasi mereka mengantarkan sepak bola Indonesia menjadi lebih baik," ujarnya.

Tisha juga berharap kerja sama PSSI dengan FIFA untuk mengembangkan wasit kelak dapat menghasilkan wasit Indonesia yang bisa memimpin laga di Piala Dunia. (nva)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya PSSI Tegaskan Tak Akan Gunakan Wasit Asing : https://ift.tt/2sEewli

Bagikan Berita Ini

0 Response to "PSSI Tegaskan Tak Akan Gunakan Wasit Asing"

Post a Comment

Powered by Blogger.