Search

Panggilan Wajib untuk Mohamed Salah di Laga Rusia vs Mesir

Jakarta, CNN Indonesia -- Panggilan wajib untuk Mohamed Salah terdengar jelang laga timnas Rusia lawan Mesir dalam lanjutan Grup A Piala Dunia 2018 di Krestovsky Stadium Rabu (20/6) pukul 01.00 WIB.

Mesir sesungguhnya memulai Piala Dunia 2018 dengan cukup bagus dalam laga pertama lawan Uruguay di Central Stadium pada Jumat (15/6). Dengan bermain terbuka, tim asal Afrika Utara tersebut sukses menahan imbang tanpa gol pada babak pertama.

Ketiadaan Salah dalam laga perdana di turnamen sepak bola terbesar antar negara di dunia edisi ke-21 tersebut tidak membuat timnas Mesir memutuskan untuk bermain bertahan. Mohamed Elneny dan kawan-kawan melakukan pressing tinggi sehingga Uruguay tak leluasa bergerak bebas menguasai bola.

Tampil cukup baik di babak pertama, Mesir apes pada babak kedua. Upaya timnas Uruguay menggempur pertahanan Mesir berakhir manis lewat sundulan Jose Maria Gimenez di pengujung laga pada menit ke-89.
Timnas Mesir kalah menyakitkan di laga perdana menghadapi Uruguay.Timnas Mesir kalah menyakitkan di laga perdana menghadapi Uruguay. (Foto: REUTERS/Damir Sagolj)
Gol Gimenez terjadi setelah memanfaatkan tendangan bebas Carlos Sanchez dari sisi kiri pertahanan Mesir. Bola yang dilambungkan Sanchez disundul dengan baik oleh Gimenez ke arah kiri gawang Mesir. Uruguay pun menang atas Mesir dengan skor 1-0.

Sementara itu Rusia membuka Piala Dunia 2018 dengan impresif lantaran menang dengan skor 5-0 atas Arab Saudi di Stadion Luzhniki, Kamis (14/6). Padahal, Rusia sempat tertekan dengan serangan skuat Arab pada awal pertandingan.

Arab Saudi bahkan mampu menguasai bola lebih banyak ketimbang Rusia pada babak pertama. Dalam catatan statistik, The Green Falcon menguasai bola sebanyak 60 persen.

Kejelian pelatih Stanislav Cherchesov dalam melakukan pergantian pemain juga turut berpengaruh pada hasil akhir. Denis Cheryshev yang menggantikan Alan Dzagoev, mencetak dua gol (43', 90+1'). Sedangkan Artem Dzyuba yang menggantikan Fyodor Smolov, menyumbang satu gol (71').

Adapun gol lain dari Rusia dicatat Yury Gazinskiy (12') dan Aleksandr Golovin (90+4'). Total Rusia melontarkan 13 tembakan dengan tujuh di antaranya mengarah ke gawang dalam laga lawan Arab Saudi.

Mesir dalam Kondisi Gawat

Dua hasil kontras tersebut membuat Mesir saat ini berada di peringkat ketiga dalam klasemen sementara Grup A tanpa poin, sama dengan Arab Saudi yang terpuruk di dasar peringkat. Sedangkan Rusia berada di urutan teratas dengan tiga poin, diikuti Uruguay dengan jumlah poin yang sama.

Mau tidak mau, Mesir harus menang lawan Rusia di laga selanjutnya. Hal ini akan membuka kembali peluang Mesir untuk lolos dari Grup A.

Peran Mohamed Salah sangat diperlukan untuk membantu kekuatan lini serang Mesir. Salah memang belum tampil di Piala Dunia 2018, tapi dia adalah penyerang tersubur selama persiapan jelang ajang empat tahunan tersebut.

Salah menjadi salah satu sorotan pada Piala Dunia kali ini setelah tampil cemerlang bersama Liverpool pada musim 2017/2018. Gol penalti Mohamed Salah di menit-menit akhir pertandingan melawan Kongo, membuat Mesir memastikan tiket ke Piala Dunia 2018 setelah menjadi juara Grup E di kualifikasi Piala Dunia.

Merujuk data dari Transfermarkt, Selasa (19/6), Salah tercatat total menyumbang 33 gol dan 18 assist untuk timnas Mesir. Salah sudah menunjukkan bahwa ia sejak lama tampil tajam saat berkostum timnas Mesir, bukan hanya pada musim ini saja ketika ia tampil menggila di Liverpool.

Timnas Rusia dalam kondisi percaya diri tinggi.Timnas Rusia dalam kondisi percaya diri tinggi. (REUTERS/Maxim Shemetov)
Pelatih Timnas Mesir, Hector Cuper, mengakui skuatnya tanpa Salah tidak mampu membuahkan peluang menjadi sebuah gol. Hal ini ia sampaikan dalam konferensi pers jelang pertandingan lawan Rusia pada Senin (18/6).

"Kami bekerja keras untuk cetak gol, saya pikir performa tim Mesir sekarang cukup seimbang. Saya katakan kepada para pemain sebelum pergi ke Rusia bahwa kami akan bertanding lawan salah satu skuat terbaik di dunia. Jadi kami akan bertanding, coba cetak gol," kata Cuper seperti yang dikutip dari situs FIFA.

"Saya selalu percaya diri. Jadi mungkin lawan Uruguay kemarin, kami tidak punya penyelesaian akhir yang baik. Tapi saya yakin kami punya peluang lebih baik mendatang," ucapnya menambahkan.


Mohamed Salah Harus Dengar Panggilan

Komentar Cuper jelas seolah jadi panggilan wajib untuk Salah. Bila Salah kembali melewatkan laga ini, maka bisa jadi ia akan melewatkan kesempatan untuk membawa negaranya bersinar di Piala Dunia.

Mesir saat ini dalam kondisi tak boleh lagi kalah. Bila Mesir tumbang di tangan Rusia, ditambah kemenangan Uruguay atas Arab Saudi, maka Mesir tak akan mungkin meraih tiket ke babak 16 besar.

Mohamed Salah hanya duduk di bangku cadangan pada laga perdana.Mohamed Salah hanya duduk di bangku cadangan pada laga perdana. (Foto: REUTERS/Darren Staples)
Karena itu kembali menyimpan Salah di laga lawan Rusia bukanlah pilihan ideal. Bila kondisi Salah baru berada di kisaran 80-90 persen, maka Salah dan Mesir harus berani mengambil risiko.

Menyimpan Salah bakal berujung penyesalan bila rekan-rekan setim lainnya tak bisa meraih kemenangan atas Rusia. Jelas kehadiran Salah tidak akan lagi berguna di partai ketiga bila kekalahan kedua sudah dikantongi oleh timnas Mesir.

Panggilan Wajib untuk Mohamed Salah di Rusia vs Mesir
Salah berhak untuk tampil dan berjuang untuk Mesir di Piala Dunia karena ia punya peran besar mengantar Mesir ke dalamnya. Salah baru boleh tidak tampil bila ternyata kondisi tubuhnya benar-benar tak ideal untuk diturunkan ke lapangan. (ptr/jun)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Panggilan Wajib untuk Mohamed Salah di Laga Rusia vs Mesir : https://ift.tt/2I2O4HQ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Panggilan Wajib untuk Mohamed Salah di Laga Rusia vs Mesir"

Post a Comment

Powered by Blogger.