Search

PSIM Dihukum FIFA Pengurangan Sembilan Poin

Jakarta, CNN Indonesia -- Laga Liga 2 baru mulai berjalan namun PSIM Yogyakarta sudah harus terkena potongan sembilan poin karena keputusan FIFA terkait kelalaian klub tersebut beberapa tahun lalu.

Dilansir dari rilis resmi PT Liga Indonesia Baru (LIB) kepada CNNIndonesia.com , FIFA memberi pemotongan poin kepada PSIM berdasarkan putusan dalam komite disiplin. Dalam surat yang bernomor 1624/UDN/821/IV-2018 itu dijelaskan FIFA menyampaikan instruksinya kepada PSSI untuk melakukan pemotongan 9 (sembilan) poin kepada PSIM.

PSIM disebut memiliki persoalan serius terhadap tiga pemain mereka yakni Emile Emanuel Anthony Linkers, Kristian Ademund, dan Lorezo Yofffrey Rimkus.Ketiga pemain tersebut sempat membela Laskar Mataram pada Divisi Utama 2011-2012. Saat itu, PSIM menunggak gaji mereka hingga akhir musim.

"Sanksi ini mudah mudahan bisa menjadi pelajaran penting bagi klub-klub di tanah air. Bagaimana pun hak-hak pemain harus diberikan. Jika sudah seperti ini, pada akhirnya klub yang akan merugi," kata Risha Adi Widjaya selaku CEO PT LIB, seperti yang dikutip dari rilis tersebut.

PT Liga Indonesia Baru menjalankan putusan FIFA untuk melakukan pengurangan sembilan poin pada PSIM.PT Liga Indonesia Baru menjalankan putusan FIFA untuk melakukan pengurangan sembilan poin pada PSIM. (Foto: CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Atas sanksi tersebut, PSIM langsung terpuruk di peringkat ke-12 atau dasar klasemen Liga 2 Wilayah Timur dengan perolehan -9 poin. Selain PSIM, hal yang sama juga dirasakan Persiwa Wamena.

Persiwa menang dalam laga perdana atas Martapura FC dengan skor 4-3 di Stadion Demang Lehman pada Rabu (25/4). Meski begitu, tim berjulukan Badai Pegunungan itu malah kena sanksi pengurangan 6 poin dari FIFA.

Hukuman tersebut diberikan lantaran Persiwa masih menunggak gaji pemainnya pada musim 2013. Akibat pengurangan tersebut, Badai Pegunungan berada diatas PSIM dalam klasmen sementara dengan minus tiga poin.

Sebelumnya, Direktur Kompetisi PT LIB, Tigor Shalomboboy, menginformasikan pembayaran gaji pemain sepak bola Indonesia tidak boleh terlambat lebih dari satu bulan. Tigor mengatakan PT LIB akan selalu menegakkan aturan yang sudah ditetapkan.
PSIM Dihukum FIFA Pengurangan Sembilan Poin
"Tunggakan itu tidak boleh lewat dari sebulan. Kami bisa bekerja kalau ada laporan. Kalau tidak ada laporan, kami tidak bisa menindaklanjuti," ucap Tigor. (ptr)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya PSIM Dihukum FIFA Pengurangan Sembilan Poin : https://ift.tt/2r2iF1C

Bagikan Berita Ini

0 Response to "PSIM Dihukum FIFA Pengurangan Sembilan Poin"

Post a Comment

Powered by Blogger.