Search

Era Kejayaan Jerman Dimulai di Piala Dunia 1954

Jakarta, CNN Indonesia -- Jerman saat ini berstatus sebagai juara bertahan Piala Dunia dan awal kejayaan mereka dimulai dari Piala Dunia 1954.

Jerman bukan tim yang terlalu diperhitungkan pada empat edisi Piala Dunia sebelumnya, 1930, 1934, 1938, dan 1950. Catatan terbaik Jerman adalah Piala Dunia 1934 saat mereka jadi semifinalis. Namun pada 1954, saat Jerman sudah terbagi dua, Jerman Barat dan Jerman Timur, kejayaan Jerman Barat dimulai.

Jerman Barat memulai laga dengan kemenangan 4-1 atas Turki sebelum akhirnya mereka dibungkam dengan skor 3-8 oleh Hungaria. Jerman akhirnya menaklukkan Korea Selatan 7-0 dan lolos ke babak berikutnya dengan memenangkan laga play-off lawan Turki dengan skor 7-2.

Langkah Jerman Barat makin meyakinkan di babak perempat final ketika mereka mampu mengalahkan Yugoslavia dengan skor 2-0. Pada babak semifinal, Jerman Barat mampu melumat Austria dengan skor 6-1 untuk kembali berhadapan dengan Hungaria.

Jerman jadi salah satu tim paling sukses dalam penyelenggaraan Piala Dunia.Jerman jadi salah satu tim paling sukses dalam penyelenggaraan Piala Dunia. (Foto: Reuters / Wolfgang Rattay)
Jerman Barat masih dibayangi oleh mimpi buruk skor 3-8 di babak penyisihan dan hal itu kembali terlihat di delapan menit awal ketika Jerman langsung tertinggal 0-2 lewat gol Ferenc Puskas dan Zoltan Czibor.

Namun berkat perjuangan gigih, Jerman Barat mampu mencetak tiga gol balasan lewat Maximilian Morlock dan sepasang gol dari Helmut Rahn. GOl kemenangan Jerman Barat dicetak Rahn enam menit jelang laga bubar.

Keberhasilan Jerman Barat jadi juara Piala Dunia 1954 disambut meriah. Kesuksesan ini disebut sebagai keberhasilan tertinggi mereka di level dunia pasca menderita kekalahan di Perang Dunia II.

Trofi Piala Dunia 1954 itu merupakan tonggak awal kehebatan Jerman Barat di kancah sepak bola. Sejak saat itu, nama Jerman Barat selalu diperhitungkan dalam tiap gelaran Piala Dunia.

Jerman meraih trofi Piala Dunia keempat pada Piala Dunia 2014.Jerman meraih trofi Piala Dunia keempat pada Piala Dunia 2014. (Foto: AFP PHOTO / FABRICE COFFRINI)
Jerman, Tim Paling Sering Masuk Final

Jerman Barat sering jad tim favorit juara dan langganan masuk final. Setelah kalah di final Piala Dunia 1966, Jerman Barat memenangkan Piala Dunia 1974 setelah mengalahkan Belanda dengan skor 2-1 di partai puncak.

Gelar terakhir Jerman Barat ada di Piala Dunia 1990. Saat itu Andreas Brehme dan kawan-kawan mampu menaklukkan Diego Maradona dengan skor 1-0 di partai final. Kemenangan itu merupakan balas dendam atas kekalahan di partai final empat tahun sebelumnya.

Trofi itu juga jadi penghilang dahaga setelah Jerman Barat hanya meraih posisi runner up dalam dua edisi beruntun.

Timnas Jerman meraih trofi juara pada Piala Dunia 1990.Timnas Jerman meraih trofi juara pada Piala Dunia 1990. (Foto: AFP PHOTO / STAFF)
Saat Jerman Barat dan Jerman Timur kembali bersatu, Jerman sempat menembus final Piala Dunia pada 2002. Namun mereka harus kalah 0-2 dari Brasil di babak final. Gelar Piala Dunia keempat bagi Jerman akhirnya datang di Piala Dunia 2014. Jerman berhasil menjadi juara dengan mengalahkan Argentina 1-0 di partai final, setelah sebelumnya di babak semifinal menghadirkan pembantaian 7-1 atas tuan rumah Brasil.

Jerman jadi negara paling sering masuk final Piala Dunia dengan delapan kali laga final. Sayangnya, koleksi empat gelar juara Piala Dunia milik Jerman masih kalah dari Brasil yang telah mengumpulkan lima gelar juara. (ptr)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Era Kejayaan Jerman Dimulai di Piala Dunia 1954 : https://ift.tt/2qLPukm

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Era Kejayaan Jerman Dimulai di Piala Dunia 1954"

Post a Comment

Powered by Blogger.