Search

Jokowi Ingin Forum Rektor Buka Fakultas Manajemen Sepak Bola

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Jumat, 16/02/2018 15:10 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo [Jokowi] menekankan perlunya inovasi dalam fakultas serta jurusan perguruan tinggi guna menghadapi revolusi industri 4.0. Inovasi diperlukan sebab sistem pendidikan saat ini juga telah banyak berubah.

Jokowi bahkan mencontohkan perlunya membuat fakultas industri olahraga, sebab hal ini dinilai memegang peran penting di masa mendatang. Hal itu disampaikan kepada hampir 600 rektor dalam pembukaan acara Konvensi Kampus XIV Forum Rektor Indonesia [FRI] di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Jurusannya manajemen sepak bola atau langsung saja fakultas manajemen sepak bola. Ada tidak di sini [Indonesia]? Tidak ada kan?," kata Jokowi di Universitas Hasanuddin, Makassar, kemarin (15/2).

Pernyataan Jokowi mengenai jurusan sepak bola mengundang tawa para rektor yang menghadiri acara. Lebih lanjut Jokowi mengatakan jurusan manajemen sepak bola ada di perguruan tinggi negara lain.

Presiden Jokowi mengatakan Indonesia sudah tertinggal dari negara lain terkait fakultas manajemen sepak bola.Presiden Jokowi mengatakan Indonesia sudah tertinggal dari negara lain terkait fakultas manajemen sepak bola. (ISTANA PRESIDEN/Agus Suparto)
"Sepak bola Indonesia kalah terus karena universitas tidak buka fakultas itu. Coba 20 tahun lalu buka, pasti sepak bola kita sudah juara. Tidak percaya? Buka," tutur mantan Wali Kota Solo tersebut.

Jokowi menyakini semua hal itu mungkin terealisasi asalkan ada niatan berinovasi dan tidak bekerja serta mengajar karena rutinitas semata. Cara-cara baru disebut harus dikembangkan.

Oleh sebab itu, Jokowi mengajak para rektor bersinergi dengan pemerintah guna membuat terobosan besar dalam pendidikan yang nantinya mempengaruhi banyak sektor kehidupan.

"Keinginan mahasiswa dan dosen untuk berinovasi dan berkreasi harus ditumbuhkan dan dikembangkan," ucap Jokowi. (har)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Jokowi Ingin Forum Rektor Buka Fakultas Manajemen Sepak Bola : http://ift.tt/2BwK5Uo

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi Ingin Forum Rektor Buka Fakultas Manajemen Sepak Bola"

Post a Comment

Powered by Blogger.