Search

Philippe Coutinho, Pemain Brasil ke-33 di Barcelona

Jakarta, CNN Indonesia -- Kepindahan Philippe Coutinho dari Liverpool meneruskan tradisi pemain-pemain Brasil yang berkostum Barcelona.

Coutinho adalah pesepakbola Brasil terakhir yang bergabung dengan klub yang berdiri pada tahun 1899. Pemain Brasil yang pertama membela Barcelona adalah gelandang bertahan Fausto Dos Santos dan kiper Jaguare pada 1931.

Musim ini Coutinho akan berpartner dengan dua kompatriot di Barca, yakni Paulinho dan Rafinha. Selain kedua pemain tersebut, ada dua pemain asal Brasil lainnya yang sedang dipinjamkan Blaugrana ke klub lain, yakni Douglas Perreira dan Marlon Santos.
Philippe Coutinho menjadi pemain Brasil terkini yang berkostum Barcelona.Philippe Coutinho menjadi pemain Brasil terkini yang berkostum Barcelona. (REUTERS/Albert Gea)
Sebelum musim 2017/2018 berlangsung, Neymar menjadi pesepakbola Brasil yang menjadi andalan di lini depan Barcelona bersama Lionel Messi dan Luis Suarez.

Pemain asal negeri Samba yang pernah bermain bersama Neymar di Barcelona adalah Adriano Correia yang saat ini berkostum Besiktas.

Di era Pep Guardiola, terdapat nama-nama seperti Maxwell Andrade, Henrique, Keirrison, dan Dani Alves.

Ronaldinho menjadi salah satu mentor Lionel Messi di Barcelona.Ronaldinho menjadi salah satu mentor Lionel Messi di Barcelona. (AFP PHOTO/LLUIS GENE)
Sebelumnya beberapa bintang yang berpengalaman membela Selecao dan dipinang Barcelona adalah Edmilson, Sylvinho, dan Juliano Belletti. Ketiganya merasakan bermain bersama salah satu pesepakbola top Ronaldinho ketika berlaga di Camp Nou.

Thiago Motta juga sempat berbagi bola bersama Ronaldinho di Barca. Selain pernah merasakan sentuhan magis Ronnie, Motta juga memiliki pengalaman berada satu lapangan dengan maestro sepak bola Brasil lainnya, Rivaldo.

Bersama Rivaldo dan Motta terdapat Fabio Rochemback, Geovanni, dan Sonny Anderson.

Ronaldo pernah berkostum Barcelona di masa muda.Ronaldo pernah berkostum Barcelona selama satu musim. (AFP PHOTO/ Antonio SCORZA)
Angkatan pemain Brasil yang lebih senior dan tercatat pernah berkostum Barcelona adalah Ronaldo Nazario de Lima yang merupakan salah satu pemain terbaik di masanya. Sang pemilik gelar Piala Dunia, Romario, juga memiliki caps bersama Barcelona.

Tidak semua pemain Brasil menuai sukses di Barca. Beberapa di antaranya kesulitan mendapat tempat di tim utama. Giovanni, Aloisio Pires, Cleo, Roberto Dinamite, Williams Bio Verisimo, dan Marinho Peres adalah pemain-pemain Brasil yang menjadi bagian Barcelona pada tahun 1970-an hingga 1990-an.

Bahkan di era sebelumnya pemain berlabel tim nasional Verde Amarela seperti Walter Machado juga tidak terlalu bersinar. Pemain Brasil pertama yang mendapat perhatian setelah kedatangan duo Dos Santos dan Jaguare pada 1931 adalah Evaristo De Macedo. Namun De Macedo yang datang tahun 1957 kemudian bergabung dengan Real Madrid pada 1962. (jun)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Philippe Coutinho, Pemain Brasil ke-33 di Barcelona : http://ift.tt/2CTBpIx

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Philippe Coutinho, Pemain Brasil ke-33 di Barcelona"

Post a Comment

Powered by Blogger.