Search

Peraih Dua Emas SEA Games Juara di MTB XCM Tanjung Lesung

Chandra Rafsanzani dari Ikatan Sport Sepeda (IISI) Pangandaran tampil sebagai juara di Mountain Bike Cross Country Marathon (MTB XCM) Tanjung Lesung 2017. Ia mencatatkan waktu 2 menit 09,39 detik untuk menjadi yang tercepat.

Rafika Farizi jadi yang tercepat kedua dengan catatan waktu 2 menit 09,41 detik. Sedangkan Deny Ari Yulianto menjadi yang finis tercepat ketiga lewat torehan waktu 2 menit 11,24 detik.

Sebanyak 72 peserta MTB XCM harus menempuh 48 km yang dibagi menjadi tiga putaran yang masing-masing berjarak 16 kilometer. Jumlah tersebut dikurangi oleh panitia lantaran kondisi cuaca yang sangat panas dan dikhawatirkan akan berdampak pada daya tahan tubuh peserta.


Meski lebih banyak lintasan mendatar, Chandra mengakui medan di Tanjung Lesung ini cukup sulit. Butuh daya tahan tubuh yang bagus untuk bisa menjelajahi trek yang disediakan Tanjung Lesung.
Chandra Rafsanzani jadi juara di Mountain Bike Cross Country Marathon dalam Festival Tanjung Lesung 2017. (Chandra Rafsanzani jadi juara di Mountain Bike Cross Country Marathon dalam Festival Tanjung Lesung 2017. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Untuk mengikuti event MTB XCM yang bersamaan dengan Festival Tanjung Lesung 2017 ini, Chandra mengaku sudah mempersiapkannya secara matang. Dalam sebulan terakhir, ia rutin latihan dua kali dalam seminggu di pinggir Pantai Pangandaran yang jadi home basenya.

"Sebenarnya treknya sama saja (dengan Pangandaran). Tapi di sana banyak tanjakan dan turunan. Kalau di sini jalan datar tapi butuh skill yang bagus karena tidak bisa kencang gowes sepedanya," kata Chandra usai balapan, Sabtu (23/9).

"Tantangannya, jalan yang licin karena karang lepas, daya tahan harus bagus karena cuacanya panas sekali. Walaupun jalannya datar, angin kencang dan di belokan banyak pecahan karang sehingga tidak bisa rem banyak sekaligus harus pintar handling," jelasnya.


Strategi yang dilakukan untuk bisa menang yakni tetap membuat tim sampai dua lap pertama. Di putaran ketiga yang jadi putaran terakhir, ia mencoba untuk sprint supaya bisa finis di depan.

Pengalaman juga menjadi modal penting buat Chandra meraih kemenangannya. Pasalnya, ia merupakan dua kali jadi penyumbang medali emas buat Indonesia di ajang SEA Games.

"Saya juara di SEA Games 2011 untuk nomor perseorangan, juara team relay di SEA Games 2013 Myanmar juga juara PON 2016 mewakili Jawa Barat. 2014 juga sempat ikut Asian Games di Incheon, Korea Selatan tapi finis urutan kesembilan," sebut Chandra yang kini menjadi PNS di Kabupaten Pangandaran itu.

Empat tahun terakhir, ia absen di ajang multievent. Ia berharap bisa kembali tampil di Asian Games 2018 yang digelar di Indonesia.

"Belum ada panggilan (untuk ke Asian Games). Jadi, saya belum tahu," ujarnya.


Terpisah Event Director MTB XCM Tense Manulu menambahkan, pihaknya merasa senang dengan kegiatan yang berjalan cukup lancar. Hanya ada satu pebalap yang tidak finis lantaran mengalami pecah ban di akhir lap pertama.

"Pesertanya memang tidak terlalu banyak karena ajang cross country marathon belum bergulir secara reguler. Tapi tantangan dari medan di Tanjung Lesung ini cukup eksotis dan menarik."

"Kami juga sengaja mengurangi jarak tempuh dari 64 ke 48 kilometer karena masalah cuaca. Saya dapat kabar kalau sekarang itu adalah puncaknya musim kemarau," tandasnya. </span> (bac)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Peraih Dua Emas SEA Games Juara di MTB XCM Tanjung Lesung : http://ift.tt/2fp6pXb

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Peraih Dua Emas SEA Games Juara di MTB XCM Tanjung Lesung"

Post a Comment

Powered by Blogger.