Search

Klub-klub Liga 1 Berburu Pemain Asing Mulai 16 Juli

Jakarta, CNN Indonesia -- Kompetisi Liga 1 2017 bakal memasuki paruh kedua pada 4 Agustus mendatang. Sedangkan jendela transfer pemain asing akan dibuka mulai 16 Juli 2017.

"Untuk 16 Juli ini transfer khusus untuk pemain asing. Di FIFA ternyata sudah didaftarkan dan kami dapat periode 16 Juli sampai 15 Agustus. Tapi khusus pemain lokal dibuka mulai 31 Juli hingga 18 Agustus," kata Chief Operating Officer (COO) PT Liga Indonesia Baru (LIB), Tigor Shalomboboy, melalui sambungan telepon kepada CNNIndonesia.com, Selasa (11/7).

Dari jadwal tersebut waktu untuk transfer pemain asing lebih lama, yakni satu bulan. Sedangkan bursa transfer pemain lokal hanya diberikan waktu dua pekan bagi klub untuk belanja pemain.


Tigor menjelaskan, tidak ada persyaratan tambahan untuk bursa transfer pemain paruh musim ini. Pastinya, masing-masing klub harus menambah pemain sejumlah yang sesuai dengan regulasi kuota pemain, yakni maksimal 30 pemain per tim.

"Kecuali mau dikurangi. Tidak apa-apa, karena itu tidak pengaruh," ungkapnya.

Carlton Cole menjadi salah satu pemain asing di Liga 1 2017.Carlton Cole menjadi salah satu pemain asing di Liga 1 2017. (ANTARA FOTO/Agus Bebeng)
PT LIB menyediakan bursa transfer pemain asing lebih lama dibandingkan pemain lokal kemungkinan untuk memberi kesempatan klub dalam mengurus Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS).

Terkait perizinan pemain asing, Tigor menegaskan agar minimal pemain tersebut sudah mengantongi IMTA (Izin Mempekerjakan Tenaga Asing) dari Kementerian Tenaga kerja (Kemenaker) untuk diproses ke Dirjen Imigrasi terkait penerbitan KITAS.


Lebih lanjut Tigor menjelaskan pemain asing yang sudah pernah tampil sebelumnya di turnamen Indonesia Soccer Championship (ISC), proses verifikasinya tidak dilakukan selama pemain itu masih berada di klub yang sama.

"Sekarang kan sudah jalan setengah putaran. Lalu ada pemain asing baru yang dimungkinkan pindah ke klub lain, pemain itu harus tetap menjalani proses verifikasi dari awal lagi," jelas Tigor.

Regulasi Pemain U-23 Tak Berubah

Sementara itu regulasi penggunaan pemain U-23 di kompetisi Liga 1 2017 ditangguhkan sementara sampai gelaran SEA Games 2017 Malaysia selesai, 30 Agustus mendatang. Setelah itu, kemungkinan besar regulasi tersebut kembali diterapkan.


Hal itu juga diterangkan Tigor terkait keinginan klub yang meminta agar regulasi itu secara permanen tak diberlakukan lagi.

"Sementara regulasi masih ditangguhkan sampai 30 Agustus, sampai SEA Games selesai. Terakhir, Sabtu (8/7) di Bekasi ketemu Pak Edy (Rahmayadi, Ketua Umum PSSI) tidak ada pembicaraan bakal diubah lagi. Artinya, hanya sampai selesai SEA Games nanti balik lagi ke peraturan awal," kata Tigor. (bac)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Klub-klub Liga 1 Berburu Pemain Asing Mulai 16 Juli : http://ift.tt/2t8kIQI

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Klub-klub Liga 1 Berburu Pemain Asing Mulai 16 Juli"

Post a Comment

Powered by Blogger.