Search

Jurnalis Perempuan Dilecehkan Suporter di Brasil

Jakarta, CNN Indonesia -- Stadion Sao Januario di jantung kota Rio de Janeiro, Brasil, penuh sesak dengan para suporter klub sepak bola tuan rumah Vasco da Gama. Bukan tanpa sebab, kepadatan terjadi saat klub melakukan debutnya di turnamen sepak bola Libertadores melawan Universidad de Chile.

Fans dengan kaos hitam dan putih berhamburan ke dalam stadion, bersorak sembari menggenggam kaleng bir. Ini menjadi pemandangan biasa di kalangan suporter sepak bola.

Namun, yang jadi tak biasa ketika kegembiraan suporter memicu aksi pelecehan seksual terhadap wanita. Hal ini dialami reporter Esporte Interativo, Bruna Dealtry.

Dealtry yang sedang melakukan laporan langsung untuk menggambarkan suasana riuh di tengah kerumunan suporter, tiba-tiba salah satu di antaranya, suporter bertelanjang dada mencium bibirnya.

Dealtry spontan menjerit dan berkata di hadapan kamera "Itu tidak keren, saya benar-benar tidak membutuhkan itu. Tapi itu terjadi," ungkapnya seperti dikutip CNN.com.

Dia mengaku merasa terhina dan tak habis pikir jika hal itu bisa terjadi padanya saat kamera menyala, maka hal itu bisa dialami juga oleh perempuan lain dalam keadaan yang lebih tertutup.


Malam itu, Dealtry menulis tentang insiden di halaman Facebook dengan mengunggah cuplikan video ketika dirinya dicium oleh suporter.

"Saya selalu menjadi seorang reporter yang suka merayakan kemenangan dengan para fans olah raga. Saya tidak terganggu oleh orang-orang yang menyipratkan saya dengan bir, melompat di sekeliling saya, atau menginjak kaki saya. Tapi hari ini saya mengalami langsung risiko yang dirasakan oleh banyak wanita di stadion, di kereta bawah tanah, bahkan berjalan di jalan," tulisnya panjang dalam laman Facebook.

"Saya dicium di bibir tanpa izin ketika sedang melakukan pekerjaan saja. Saya tidak tahu bagaimana harus bereaksi dan tidak dapat memahami bagaimana seseorang bisa berpikir bahwa mereka berhak bertindak seperti itu," tambahnya.

Unggahannya memicu reaksi beragam dari warganet, terutama di kalangan jurnalis wanita peliput olahraga. Kebanyakan dari mereka mengecam aksi suporter yang tak menghargai wanita tersebut.

Vasco da Gama sendiri menelan kekalahan 0-1 dari Universidad Chile pada laga yang dihelat pada 14 Maret 2018. Sementara sang jurnalis baru menuliskan kronologi kejadian yang tak menyenangkan di laman Facebook-nya setelah dua pekan kemudian dan menjadi viral. (jun)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Jurnalis Perempuan Dilecehkan Suporter di Brasil : https://ift.tt/2IkQlie

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jurnalis Perempuan Dilecehkan Suporter di Brasil"

Post a Comment

Powered by Blogger.