Search

Anggaran Asian Games dan Para Games 2018 Tambah Rp919 Miliar

Jakarta, CNN Indonesia -- Anggaran untuk penyelenggaraan Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018 akan ditingkatkan Rp Rp919 miliar.

Demikian diungkapkan Sekretaris menteri Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto dalam konferensi pers The 5th Coordination Commission Meeting Asian Para Games 2018 di Hotel Mulia Senayan, Jumat (13/4) siang.

Gatot mengatakan sudah menerima usulan penambahan anggaran dari Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC).

"Ada usulan anggaran Rp919 miliar yang telah kami terima untuk Asian Para Games, namun beberapa dokumen yang belum lengkap," ujar Gatot.

"Kalau sudah dilengkapi, kami langsung kirimkan ke Dirjen Anggaran [Kementerian Keuangan]. Semoga pekan depan atau paling lambat dua pekan sudah cair karena waktu sudah sangat mepet," tambah Gatot.

Sesmenpora Gatot S Dewa BrotoSesmenpora Gatot S Dewa Broto menerima usulan penambahan anggaran Asian Games dan Asian Para Games 2018. (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama H)
Sebelumnya, pihak INAPGOC menerima suntikan dana sebesar kurang lebih Rp800 miliar dari Kemenpora yang sudah dikirim pada Jumat (13/4).

Lebih lanjut, Gatot mengatakan pola penambahan anggaran tersebut juga berlaku untuk Asian Games 2018. Saat ini, APBN untuk Asian Games sebesar Rp1,79 triliun telah cair. Ia menyebut akan ada dua tambahan anggaran lagi masing-masing sekitar Rp1 triliun.

Anggaran Asian Games dan Para Games 2018 Ditambah Rp919 MiliaFoto: CNN Indonesia/Fajrian
"Anggaran murni APBN untuk Asian Games sebesar Rp1,7 triliun. Ternyata masih kurang, dibutuhkan tambahan lagi hingga dua tahap," ucap Gatot.

"Pertama, ada permintaan tambahan sebesar Rp1,1 triliun, kemudian ada lagi sebesar Rp1 triliun. Dua-duanya belum dicairkan karena masih dikaji," ucapnya menambahkan.

Asian GamesAsian Games 2018 akan digelar Agustus sementara Asian Para Games 2018 dimulai Oktober. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Ia menerangkan tambahan anggaran tahap kedua sebesar Rp1 triliun dipersiapkan untuk membayar pajak yang cukup besar. Tambahan anggaran baik Asian Games maupun Asian Para Games berasal dari Bendahara Umum Negara (BUN) yang diproses melalui Menpora dan Menteri Keuangan.

INAPGOC Bertemu Wapres

INAPGOC dijadwalkan bertemu Wakil Presiden Republik Indoensia Jusuf Kalla pada Jumat (13/4) siang, untuk menginformasikan perkembangan terkini Asian Para Games 2018.

Okto mengungkapkan hampir semua negara peserta senang dengan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah. Hal ini diketahui usai Chefs de Mission Seminar Asian Games 2018 yang telah diadakan beberapa waktu lalu.

"Hampir semua negara menyatakan puas dengan kesiapan Indonesia. Tapi tentu dengan ini semua, kami belum boleh berbesar hati. Ini fase persiapan," kata Okto.

"Semua permasalahan teknis akan kami kaji. APC datang ke sini bukan untuk supervisi tapi kerja sama," ujarnya menambahkan. (jun/bac)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Anggaran Asian Games dan Para Games 2018 Tambah Rp919 Miliar : https://ift.tt/2qtahZv

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Anggaran Asian Games dan Para Games 2018 Tambah Rp919 Miliar"

Post a Comment

Powered by Blogger.