Search

Karier Ronaldo Hampir Gagal karena Penyakit Jantung

Jakarta, CNN Indonesia -- Tak ada yang memungkiri Cristiano Ronaldo kini menjadi satu di antara pemain terbaik dunia. Tapi, siapa nyana megabintang asal Portugal itu pernah berada di posisi hampir gagal berkarier sebagai pesepakbola.

Perjalanan karier Ronaldo nyaris berhenti di usia 15 tahun karena harus naik meja operasi. Ketika itu Ronaldo mengalami penyakit tachycardia, di mana denyut jantungnya berdetak lebih dari 100 denyut per menit.

Lima gelar Pemain Terbaik FIFA mungkin tak akan bertumpuk di lemari koleksi trofi Ronaldo jika operasi jantungnya gagal. Sejumlah rekor dunia pun tak akan ada nama Ronaldo jika penyakit jantungnya tak pulih.

Tetapi, semesta sungguh mengasihi Ronaldo. Operasi jantungnya berhasil dan kariernya terus melesat.

Ibu Ronaldo, Maria Dolores, seperti dilansir Daily Mail menceritakan bagaimana ia begitu mencemaskan hidup sang putra kesayangannya itu ketika divonis mengidap kelainan jantung.

Cristiano Ronaldo harus menjalani operasi jantung di usia 15 tahun.Cristiano Ronaldo harus menjalani operasi jantung di usia 15 tahun. (AFP PHOTO / MLADEN ANTONOV)
"Jantungnya berdetak dengan sangat cepat saat ia tidak berlari. Mereka menggunakan semacam laser untuk mengatasi sumber masalahnya. Dia dioperasi pada pagi hari dan baru keluar ruangan pada sorenya," kata Dolores pada 2009.

"Sebelum kami tahu persis penyakit apa yang dideritanya, saya sempat khawatir karena ada kemungkinan ia akan kehilangan kesempatan untuk bermain sepak bola lagi," tutur Dolores.

Cristiano Ronaldo mencicipi empat gelar Liga Champions, satu trofi di antaranya diraih saat membela MU.Cristiano Ronaldo mencicipi empat gelar Liga Champions, satu trofi di antaranya diraih saat membela Manchester United. (AFP PHOTO / STEVE PARKIN)
Yang meredakan kecemasan Dolores adalah sikap pantang menyerah Ronaldo. Ia justru tidak menanggapi serius penyakit jantungnya meski orang-orang di sekelilingnya amat cemas.

"Cristiano tak terlalu khawatir dengan penyakitnya. Ia sama sekali tak menganggap bahwa situasi ini serius, tapi saya benar-benar ketakutan. Sepertinya perawatan ini membuatnya bisa berlari lebih cepat lagi," tutur Dolores.

Cristiano Ronaldo sudah mengemas lima penghargaan Ballon d'Or.Cristiano Ronaldo sudah mengemas lima penghargaan Ballon d'Or. (AFP PHOTO/Filippo MONTEFORTE)
Kecemasan Dolores bukan tanpa alasan. Penyakit jantung memang kerap menjadi petaka bagi pesepakbola di belahan dunia.

Mantan pemain Manchester City Marc-Vivien Foe, pemain Sevilla Antonio Puerta, dan Miklos Feher dari Benfica berakhir dengan tragis karena serangan jantung. Ketiganya meninggal di lapangan.

Bek sayap Juventus dan timnas Perancis, Lilian Thuram, pun memutuskan untuk pensiun setelah mengalami masalah di jantungnya. Tetapi, keputusan Thuram justru menyelamatkan nyawanya dari ancaman serangan jantung mendadak di lapangan.

Ronaldo adalah sebuah anomali. Ia berhasil melewati masalah jantung dan kariernya justru terus mengilap. Empat gelar Liga Champions berhasil diraihnya bersama Manchester United dan Real Madrid. Lima gelar Pemain Terbaik Dunia versi FIFA pun menghiasi lemari koleksi piala di rumahnya.

Hari ini, Senin (5/2), Ronaldo merayakan ulang tahun ke-33. Dan CR7 pastinya bersyukur operasi jantung yang dilakukannya saat masih 15 tahun berjalan dengan lancar. Jadi, selamat ulang tahun, Ronaldo! (har)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Karier Ronaldo Hampir Gagal karena Penyakit Jantung : http://ift.tt/2E313bk

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Karier Ronaldo Hampir Gagal karena Penyakit Jantung"

Post a Comment

Powered by Blogger.