Search

Strategi Jitu Timnas Islandia Antisipasi Iklim Dingin

Jakarta, CNN Indonesia -- Islandia dikenal sebagai negara di belahan utara yang beriklim dingin. Kondisi cuaca di sana kurang ideal untuk bermain sepak bola, terutama ketika musim dingin tiba.

BBC Sport melaporkan, suhu rata-rata dalam bulan terpanas di Islandia hanya sekitar 10-13 Celcius. Bisa dibayangkan dampak yang disebabkan jika musim dingin tiba di sana?

Akan tetapi, Federasi Sepak Bola Islandia (KSI) tak menyerah begitu saja dengan kondisi iklim dingin. Sejak 2000-an otoritas sepak bola Islandia mulai menggalakkan pembangunan stadion indoor atau di dalam ruangan.

Pemerintah Islandia juga mendukung pembangunan stadion sepak bola. Sebanyak 30 lapangan sepak bola berukuran standar tersebar di seluruh wilayah, di mana tujuh di antaranya indoor.

Timnas Islandia sukses menembus perempat final Piala Eropa 2016 di Perancis.Timnas Islandia sukses menembus perempat final Piala Eropa 2016 di Perancis. (AFP PHOTO/Haraldur Gudjonsson)
Selain itu, ada sekitar 150 lapangan indoor dengan ukuran lebih kecil. Lapangan ini biasanya digunakan khusus anak-anak di level akademi agar tetap berlatih di musim dingin.

Hebatnya lagi, seluruh lapangan baik indoor atau outdoor jadi fasilitas publik. Artinya, masyarakat bisa menggunakan dengan bebas tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun.

Revolusi sepak bola Islandia semakin padu lantaran diiringi dengan program peningkatkan standar kepelatihan berkualitas.

Timnas Indonesia berksempatan menjajal Islandia yang merupakan kontestan Piala Dunia 2018.Timnas Indonesia berksempatan menjajal Islandia yang merupakan kontestan Piala Dunia 2018. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Lars Lagerback menjadi pelatih yang sangat berpengaruh dalam kebangkitan sepak bola Islandia. Menangani Our Boys sejak 2011, Lagerback berhasil mengantar Islandia lolos ke perempat final Piala Eropa 2016.

Lagerback juga berperan merintis filosofi sepak bola Islandia. Pelatih 69 tahun itu juga tak segan menyerahkan tongkat estafet diserahkan kepada asistennya Heimir Hallgrimsson untuk menangani timnas Islandia.

Hallgrimsson kini punya tugas tak kalah mulia, yakni membawa terbang Islandia di putaran final Piala Dunia Rusia tahun depan. Salah satu persiapannya adalah menjalani tur Asia di mana Indonesia menjadi bagian dari negara yang dikunjungi.

Skuat arahan Hallgrimsson bakal meladeni Indonesia Selection di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (11/1). Tiga hari berselang giliran Timnas Indonesia yang akan menjajal Islandia di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta (bac)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Strategi Jitu Timnas Islandia Antisipasi Iklim Dingin : http://ift.tt/2CZwpTG

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Strategi Jitu Timnas Islandia Antisipasi Iklim Dingin"

Post a Comment

Powered by Blogger.