Search

Debut di Asian Para Games, Tim Boccia Indonesia Target Emas

Jakarta, CNN Indonesia -- Asian Para Games 2018 akan menjadi debut bagi tim Indonesia yang berlaga di cabang olahraga boccia.

Walau baru pertama kali berpartisipasi di ajang internasional, pelatih Sigit Fredi Hartanto memasang target meraih lima emas dari tujuh nomor yang dipertandingkan.

"Target saya di ajang Asia ini insya Allah dapat medali, kalau bisa emas. Kalau sama sekali tidak dapat, minimal kami dapat pengalaman," kata Sigit di lobi Gedung Trans pada Selasa (9/1) siang.

"Saya sudah mempelajari permainan boccia negara lain lewat video, sangat bagus. Saya kasih lihat ke anak-anak [tim boccia Indonesia], dan mereka tetap ingin maju. Thailand merupakan lawan yang kuat dan bagus di Asia," tambahnya.

Muhammad Afriyal Syafa menjadi salah satu atlet andalan Indonesia di ajang Asian Para Games 2018.Muhammad Afriyal Syafa menjadi salah satu atlet andalan Indonesia di ajang Asian Para Games 2018. (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama H)
Salah satu atlet yang lulus seleksi tim nasional, Muhammad Afriyal Syafa, juga optimistis meraih emas di penampilan perdana membela Indonesia.

"Saya tidak menyangka bisa mewakili Indonesia, belum pernah ikut turnamen internasional sebelumnya. Meski begitu, saya tidak tegang. Orang tua mendukung dan saya akan terus berlatih. Target medali emas," ujar siswa kelas delapan tersebut.

Olahraga boccia adalah permainan strategi dan ketepatan yang awalnya dirancang untuk dimainkan penderita cerebral palsy baik dengan gangguan motorik ringan hingga berat.

Olahraga boccia ditargetkan menjadi tambang emas Indonesia di Asian Para Games 2018.Olahraga boccia ditargetkan menjadi tambang emas Indonesia di Asian Para Games 2018. (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama H)
Tim boccia Indonesia dibentuk lantaran pada ASEAN Para Games 2015 kontingen Merah Putih kehilangan banyak emas karena tidak memiliki tim di cabang olahraga yang menggunakan bola tersebut.

"Saya kemudian ke base camp boccia di Singapura, tanya dengan manajer, pelatih, seperti apa boccia itu. Karena, indonesia ingin mempelajari ini. Semua antusias dan Indonesia didukung untuk membuat tim boccia," ujar Penanggungjawab Pembinaan Boccia Indonesia, Fadilah Umar.

Selain menimba ilmu di Singapura, Fadilah juga sempat mendapat pelatihan boccia di Dubai pada 2016. Selain mendapat perhatian dari Komite Paralimpik Nasional (NPC), tim boccia Indonesia juga disokong oleh Yayasan Maria Monique Last Wish dan Teman Boccia. (nva/bac)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Debut di Asian Para Games, Tim Boccia Indonesia Target Emas : http://ift.tt/2CURcI2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Debut di Asian Para Games, Tim Boccia Indonesia Target Emas"

Post a Comment

Powered by Blogger.