Search

Gagal Tampil di SEA Games, M. Taufik Juara Rhino X-Triathlon

Muhammad Taufik harus jatuh bangun demi meraih gelar juara di Rhino X-Triathlon Tanjung Lesung 2017, Minggu (24/9). Dari tiga cabang yang dilewati: renang, balap sepeda dan lari, ia mencatatkan waktu tercepat 1 jam 50 menit 24 detik.

Sekitar 10 menit sebelum lomba mulai, Taufik sempat mendapatkan masalah ketika ban belakang sepedanya bocor. Ia pun terpaksa mengganti kedua bannya supaya balapannya berjalan lancar tanpa kendala.


Sepanjang perjalanan Taufik sempat dibalap atlet Belanda, Marteen Vrouenraets, namun ia tetap bisa finis pertama. Di balap sepeda, penyandang status atlet nasional itu juga sempat jatuh di kilometer delapan.

"Kilometer dua sampai lima itu agak sulit. Saya jatuh tiga kali tetap bangkit lagi, bangun lagi. Di kilometer delapan, saya kembali jatuh dari sepeda di lintasan menurun superball," kata Taufik usai balapan sambil ditangani tim medis atas luka-luka di beberapa bagian tubuhnya.

Marteen Vrouenraets, peserta asal Belanda yang menjadi runner up di Rhino X-Triathlon Tanjung Lesung 2017.Marteen Vrouenraets, peserta asal Belanda yang menjadi runner up di Rhino X-Triathlon Tanjung Lesung 2017. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Menurut Taufik, butuh keahlian dan teknik khusus menggunakan sepeda gunung di rute dengan medan cross country seperti yang disajikan Tanjung Lesung. Hilang konsentrasi sedikit, pebalap bisa kehilangan kendali sepedanya dan terjatuh sampai terpelanting.

"Setelah itu, saya sempat tidak mau lanjut. Tulang di kaki dan tangan saya sakit, kaku juga. Tapi saya paksa untuk terus lanjut. Di kilometer 11 sakitnya terasa lagi, saya sempat berhenti dulu sebelum saya paksakan lagi,” ucap Taufik.


"Jalur ini biasa disebut ekstra triatlon. Mulai dari renang, balap sepeda dan lari di lintasan trail. Tidak hanya power tapi juga teknik. Apalagi medannya juga banyak pecahan batu karang, kalau asal ngebut bisa selip bannya," sambungnya.

Buat atlet 29 tahun itu, ini jadi kali pertama ia meraih podium setelah batal tampil di SEA Games 2017 Malaysia. Pasalnya, beberapa bulan jelang SEA Games 2017 ia sempat mengalami cedera parah yang membuatnya harus menjalani masa pemulihan yang cukup panjang.

Muhammad Taufik terpaksa absen di SEA Games 2017 karena cedera.Muhammad Taufik terpaksa absen di SEA Games 2017 karena cedera. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
"Ikut ajang ini adalah sebuah pilihan. Kalau sudah start ya harus finis," tegasnya.

Posisi kedua kategori Rhino Man Open direbut Ady Akhmad Jukardi dengan catatan waktu 1 jam 51 menit 47 detik, disusul Marteen Vrouenraets dengan 1 jam 57 menit 43 detik.


Vrouenraets mengaku cuaca menjadi salah satu tantangan terberatnya di Rhino X-Triathlon Tanjung Lesung 2017. Bahkan, ia menyebut sangat berbeda dengan beberapa triatlon yang pernah diikutinya di Belanda.

"Ini sangat menantang. Treknya sangat sulit, terutama di balap sepeda," kata Vrouenraets yang kali pertama ikut ajang triatlon di Indonesia. </span> (har)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Gagal Tampil di SEA Games, M. Taufik Juara Rhino X-Triathlon : http://ift.tt/2wLZoaI

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gagal Tampil di SEA Games, M. Taufik Juara Rhino X-Triathlon"

Post a Comment

Powered by Blogger.