Search

Gol Hakan Sukur di Detik ke-11 Tercepat di Piala Dunia

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Minggu, 03/06/2018 14:18 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Striker legendaris timnas Turki, Hakan Sukur, memecahkan rekor gol tercepat pada gelaran Piala Dunia setelah sukses mencetak gol di detik ke-11 pada edisi 2002 di Korea- Jepang.

Pertandingan antara tuan rumah Korea Selatan menghadapi Turki pada perebutan tempat ketiga itu digelar di Stadion Piala Dunia Daegu di Kota Daegu pada 29 Juni 2002.

Kala itu wasit yang memimpin pertandingan Saad Made dari Kuwait baru saja meniupkan peluit tanda dimulainya pertandingan. Bola diambil striker Korea Selatan Ahn Jung-hwan dan Seol Ki-hyeon yang diberikan kepada gelandang Yoo Sang-chul.

Sukur langsung mengejar untuk merebut bola dari kaki Yoo Sang-Chul. Namun, Sang-Chul memberikan bola kepada Hong Myung-bo yang kemudian bisa direbut Ilhan Mansiz.
Para pemain timnas Turki belum mampu memecahkan rekor gol cepat Hakan Sukur di Piala Dunia 2002.Timnas Turki gagal tampil di Piala Dunia 2018 di Rusia. (REUTERS/Umit Bektas)
Tak berlama-lama, Mansiz langsung memberikan umpan panjang kepada Sukur yang langsung dibawa mendekati kiper Lee Woon-jae sebelum akhirnya melesakkan tendangan kaki kiri yang berbuah gol di detik ke-11.

Hasil itu membawa Turki unggul 1-0 atas Korea Selatan. Alhasil, Turki menang 3-2 pada pertandingan yang disaksikan sekitar 63.483 orang dan menjadi saksi Turki meraih peringkat ketiga di Piala Dunia 2002.

Gol Hakan Sukur di Detik ke-11 Tercepat di Piala Dunia
Gol kilat di detik ke-11 yang dibuat Sukur juga sekaligus mematahkan rekor yang dicatatkan striker Cekoslowakia Vaclav Masek empat dekade silam tepatnya pada Piala Dunia 1962. Kala itu, Masek menggetarkan gawang Meksiko di menit ke-16. Sampai hari ini belum ada pemain lain yang mampu melewati bahkan mendekati rekor Sukur sebagai pencetak gol tercepat dalam putaran final Piala Dunia. Bahkan, gol Sukur masuk catatan Guinness World Records dengan status gol tercepat yang tercipta di detik 10,8.

Hasil itu juga membuat Sukur menjadi salah satu talenta sepak bola terbaik yang pernah dimiliki Turki sampai saat ini. Di timnas Turki, mantan pemain Inter Milan, Parma, Galatasaray hingga Blakcburn Rovers ini masih tercatat sebagai top skor sepanjang masa lewat 51 gol. (jun/har)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Gol Hakan Sukur di Detik ke-11 Tercepat di Piala Dunia : https://ift.tt/2Je3lqy

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gol Hakan Sukur di Detik ke-11 Tercepat di Piala Dunia"

Post a Comment

Powered by Blogger.