Search

Enam Negara Tuan Rumah yang Sukses Juara Piala Dunia

Jakarta, CNN Indonesia -- Hanya enam negara yang berhasil meraih juara Piala Dunia ketika menyandang status sebagai tuan rumah. Uruguay jadi tim pertama yang sukses yang mewujudkannya.

Uruguay menjuarai Piala Dunia 1930 dengan status tuan rumah. Mereka mengalahkan Argentina dengan skor 4-2 di Stadion Centenario, Montevideo, Uruguay, 30 Juli 1930.

Empat tahun kemudian, Italia sebagai tuan rumah Piala Dunia 1934 pun berhasil menjadi juara. Gli Azzurri menang 2-1 Stadion Nazionale PNF, Roma, 10 Juni 1934.

Pada Piala Dunia 1966, Inggris selaku tuan rumah juga sukses meraih gelar juara sekaligus gelar yang pertama pada ajang edisi kedelapan tersebut.
Enam Negara Tuan Rumah yang Juara Piala DuniaUruguay jadi tuan rumah pertama yang berhasil juara di Piala Dunia. (REUTERS/Andres Stapff)
Penyerang Timnas Inggris, Sir Geoffrey Charles Hurst mencetak hattrick dalam kemenangan 4-2 atas Jerman Barat di Stadion Wembley, London, 30 Juli 1966.

Usai kalah dari Inggris, Jerman Barat bangkit dan menjadi juara saat berperan sebagai tuan rumah Piala Dunia 1974. Tim asuhan Helmut Schoen itu menumbangkan Belanda 2-1 di Olympiastadion, Munich, 7 Juli 1974.

Enam Negara Tuan Rumah yang Juara Piala Dunia
Langkah Belanda untuk juara Piala Dunia kembali gagal dalam edisi berikutnya. Mereka kalah 1-3 dari Argentina yang meraih gelar juara perdana ketika menjadi tuan rumah Piala Dunia 1978.

Sementara itu, timnas Prancis pun menyabet gelar perdana saat jadi tuan rumah Piala Dunia 1998. Les Bleus menang telak 3-0 atas Brasil di Stade de France, Saint-Denis, 12 Juli 1998.

Timnas Brasil tersingkir di semifinal saat bertindak sebagai tuan rumah Piala Dunia 2014.Timnas Brasil tersingkir di semifinal saat bertindak sebagai tuan rumah Piala Dunia 2014. (AFP PHOTO / FRANCOIS XAVIER MARIT)
Setelah Prancis, belum ada lagi negara yang mampu memanfaatkan status tuan rumah untuk meraih gelar juara Piala Dunia. Bahkan, Brasil yang meraih gelar juara Piala Dunia terbanyak yakni lima kali pun tak mampu menjadi juara saat Piala Dunia 2014. Alih-alih juara, timnas Brasil malah dipermalukan di kandang sendiri. Tim asuhan Luis Felipe Scolari gugur usai menelan kekalahan telak 1-7 dari Jerman di Stadion Mineirao, Belo Horizonte, di laga semifinal.

Kali ini tuan rumah Piala Dunia 2018 diemban Rusia yang berstatus sebagai kuda hitam. Piala Dunia 2018 nanti menjadi tantangan bagi tim berjuluk Sbornaya itu untuk menjadi negara ketujuh yang sukses menjuarai turnamen sepak bola terakbar dengan status penyelenggara. (jun/sry)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutannya Enam Negara Tuan Rumah yang Sukses Juara Piala Dunia : https://ift.tt/2JkVzzd

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Enam Negara Tuan Rumah yang Sukses Juara Piala Dunia"

Post a Comment

Powered by Blogger.